Skip to main content
Wabup Karo Ucapkan Selamat Memperingati HGN Ke-76
Wabup Karo Ucapkan Selamat Memperingati HGN Ke-76

Wabup Karo Ucapkan Selamat Memperingati HGN Ke-76

Karo,TuntasOnline.com - Tahun ini merupakan peringatan Hari Guru Nasional(HGN) yang ke 76, berdasarkan keputusan Presiden nomor 78 Tahun 1994, dimana hari lahir Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ditetapkan pada 25 November, sekaligus diperingati sebagai Hari Guru Nasional.

Perlu diketahui kilas balik sejarah Hari Guru, dimana sebelumnya organisasi perjuangan guru-guru pribumi pada zaman Belanda berdiri pada tahun 1912 yang membentuk organisasi guru dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda(PGHB). Selanjitnya PGHB berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI).Hal ini disampaikan Wakil Bupati Karo Thropilus Ginting, Kamis(25/11).

Lanjut Wakil Bupati menyampaikan, atas perubahan nama ini sangat mengejutkan pemerintah Belanda, karena kata "Indonesia" yang mencerminkan semangat kebangsaan, sangat tidak disenangi oleh Belanda.

"Jadi, dengan semangat Proklamasi 17 Agustus 1945 menjiwai  penyelenggaraan  Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24 - 25 November 1945 di Surakarta, para guru bersatu untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI), sehingga pada 25 November ditetapkanlah sebagai Hari Guru Nasional(HGN)," ucap Theopilus Ginting.

Berkaitan dengan hal tersebut, Pemkab Karo mengucapkan Selamat Memperingati Hari Guru Nasional tahun 2021 yang ke-76.

"Berkat ketulusan guru mendidik, sehingga bisa menjadi wakil bupati seperti sekarang ini, Terima kasih atas semua pengajaran yang telah guru berikan kepada saya," Pungkas Theopilus Ginting.(RT/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size