Skip to main content
Peringatan Hari Anak Pemkab Karo Raih Penghargaan
Peringatan Hari Anak Pemkab Karo Raih Penghargaan (Foto : Rekro)

Peringatan Hari Anak, Pemkab Karo Raih Penghargaan

Karo,Tuntasonline.com - Mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Karo, Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting bersama Ketua TP.PKK Karo Nyonya Vera Theopilus Ginting menghadiri Pembukaan Kegiatan Penguatan dan Pengembangan Lembaga Penyedia Layanan Peningkatan Kualitas Hidup Anak Dalam Bentuk Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Utara, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Kamis (11/8), dihadiri oleh pimpinan daerah atau perwakilan se-Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyatakan Indonesia berkomitmen mendukung gerakan dunia untuk menciptakan “Dunia Yang Layak Bagi Anak”. 

Selain itu, ia menambahkan berbagai peraturan dan kebijakan juga ditetapkan untuk memenuhi hak dan melindungi anak.

"Untuk itu, kita semua harus memastikan terpenuhinya hak-hak dasar anak berupa hak untuk hidup, tumbuh dan berkembang, mendapat perlindungan dan berpartisipasi," jelas Gubsu.

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia baik itu setiap individu, orang tua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media dan anak serta pemerintah pusat dan daerah dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Ia menyampaikan bahwa pada tahun ini Sumatera Utara masuk dalam nominasi Anugerah KPAI Kategori Sistem Informasi Monitoring Pelaporan Perlindungan Anak (SIMEP PA) tahun 2022 serta capaian Sumatera Utara dalam mewujudkan kabupaten/kota layak anak telah terjadi kenaikan yang sangat signifikan mencapai 21 kabupaten/kota dengan kategori pratama sebayak 13 kabupaten, termasuk Kabupaten Karo, dan kategori Madya sebanyak 7 kabupaten/kota serta kategori Nindya 1 kabupaten/kota.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting menyampaikan, sebuah kebanggan buat Kabupaten Karo di acara perayaan hari anak ini, dimana Kabupaten Karo mendapat  Penghargaan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, atas keberhasilan sebagai Kabupaten Layak Anak Tahun  2022 dengan Katagori Pratama dan komitmen dalam pengembangan Kabupaten layak anak di provinsi Sumateta Utara. 

Kedepan kita akan tingkatkan terus Kabupaten Karo menjadi Kabupaten layak anak, dimana hak-hak anak di kabupaten kita ini akan  kita maksimalkan, menjamin hak-hak anak, memberikan yang terbaik bagi anak-anak, menjamin kelangsungan hidup serta perkembangan anak serta menghargai kreasi, inovasi dan pendapatnya tanpa diskriminasi.

"Selain itu, Anak berhak mendapat hak bermain, bergaul, dan memanfaatkan waktu luangnya untuk hal-hal bersifat positif, "pungkas Wabup.(wan/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size