Skip to main content
Mahasiswa KKN Universitas Asahan (foto : Zulfauzan)
Mahasiswa KKN Universitas Asahan (foto : Zulfauzan)

Mahasiswa KKN UNA Beri Pemahaman Pengembangan UMKM ke Masyarakat

BatuBara-Tuntasonline.com - Banyaknya potensi di lokasi tempat mahasiswa KKN terutama di bidang ekonomi yang meliputi pelaku usaha UMKM yang mempunyai banyak jenis dan produk yang di produksi tidak diimbangi dengan pemahaman masyarakat khusus nya pelaku UMKM pemahaman terkait UMKM, bagaimana membuat kemasan produk lebih menarik, serta cara memasarkan produk di jejaring sosial atau secara online, hal ini sangat berguna untuk meningkatkan pendapatan dan memajukan usahanya.

Melihat perkembangan kondisi di atas, Kelompok XII KKNT MBKM Fakultas Ekonomi Universitas Asahan Tahun 2022 melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat dengan Judul Strategi Pengembangan Ekonomi UMKM di Desa Dahari Selebar Kecamatan Talawi, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara, Kamis (9/6/2022).

Bagi pelaku usaha UMKM kegiatan ini merupakan suatu kegiatan yang penting bagi mereka karena dapat meningkatkan pendapatan keluarganya melalui usaha-usaha yang mereka lakukan, dengan melibatkan para pelaku usaha yang terdiri dari unsur tokoh masyarakat, tokoh wanita, tokoh pemuda, karang taruna, dan dari pihak pemerintahan desa.

Kegiatan ini dimulai oleh pembawa acara dengan disertai pembacaan do’a demi kelancaran acara supaya diberkati dalam melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di lokasi KKN.

Harbaini, menyampaikan kata sambutan kepada peserta pelatihan yang terkait dengan pangabdian masyarakat dengan judul Strategi Pengembangan Ekonomi UMKM di Desa Dahari, Selebar Kecamatan Talawi. 

Ia mengatakan, kegiatan seperti ini untuk mendorong produk UMKM lokal Desa Dahari Selebar naik kelas dengan mengikuti beberapa pelatihan diantaranya Pelatihan dan Pendampingan Bisnis Rumahan (UMKM), Pelatihan Pengemasan Produk UMKM sektor Pangan serta Pelatihan Pemasaran online bagi produk usaha, ungkapnya.

SEfendi selaku Kepala Desa Dahari Selebar mengatakan, bahwa di Desa Dahari Selebar ada banyak usaha UMKM bagi yang perlu dorongan dari pihak pemerintah dan mahasiswa.

Ia juga mengucapkan terimah kasih kepada Mahasiswa KKNT MBKM dari Fakultas Ekonomi Universitas Asahan ini sudah mau membuat kegiatan pelatihan  seperti yang disebutkan oleh Ketua Kelompok XII tadi, serta Kepala Desa berharap warga Dahari Selebar mengikuti kegiatan Strategi Pengembangan Ekonomi UMKM ini dengan serius dan seksama agar usaha warga di desa kita lebih maju lagi, tutupnya.

Pada hari Jum’at tanggal 20 Mei 2022, Pelatihan Bisnis Rumahan (UMKM) bagi pelaku usaha dengan pemateri Bapak Muhammad Rozi, S.Sos. dan juga sebagai pendamping UMKM dari Kementerian Koperasi dan UKM yang bertugas pada Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Batu Bara, dalam paparan materinya pentingnya pemahaman terkait dengan UMKM sabagaimana dalam materi yang disampaikan bahwa UMKM mempunyai peran strategis dalam perekonomian Indonesia serta pemain penting dalam pengembangan kegiatan ekonomi lokal dan pemberdayaan masyarakat, maka untuk itu UMKM perlu di kembangkan karena mempunyai bahan baku lokal dan memiliki potensi ekspor, sehingga akan membantu menstabilkan kurs rupiah dan tingkat inflasi. Pembangunan UMKM akan menggerakkan sektor riil, karena UMKM umumnya memiliki keterkaitan industri yg cukup tinggi.

Pada tanggal 27 Mei 2022, hari Jum’at diadakan Pelatihan Pengemasan Produk UMKM Sektor Pangan bagi Pelaku Usaha yang ada di Desa Dahari Selebar, Dalam hal ini sebagai narasumber adalah Hary Gunawan seorang Tenaga Pendamping UMKM di Dinas Koperasi dan UKM di Kabupaten Batu Bara tepatnya di Rumah Kemasan Batu Bara, dalam pengantar materinya menyampaikan ; Tujuan dan Fungsi Rumah Kemasan Batu Bara salah satunya sebagai tempat Konsultasi bagi para pelaku usaha dalam mengembang produk usahanya yang meliputi tentang Branding, Labeling yaitu dalam menentukan nama produk yang menarik, Packaging yaitu dalam teknis pengemasan, serta Marketing tentang pemasaran produk agar lebih meningkat.

Pada tanggal 3 Juni 2022, dilaksanakan Pelatihan Pemasaran Online untuk produk usaha kepada masyarakat dahari selebar, Kemalawati sebagai narasumber dan juga pengusaha berbasis online dengan mempunyai market place dengan nama “Malla Ollshop Batu Bara” ini, dia menyampaikan beberapa pandangannya terhadap marketing secara online dengan mengatakan saat ini Para pelaku usaha UMKM menghadapi tantangan yang cukup berat terkait dengan pengembangan usahanya, diantaranya masih kecil dalam pemanfaatan teknologi informasi, padahal pemanfaatan TI dapat meningkatkan transformasi bisnis melalui kecepatan, ketepatan dan efisiensi pertukaran informasi dalam jumlah yang besar. 

Heri Prasuhanda Manurung, SAB, M.Si, selaku Dosen Pendamping Lapangan menyampaikan kepada pelaku usaha agar mendaftarkan produknya pada Rumah Kemasan Batu Bara di Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Batu Bara, serta bisa dijadikan ciri khas yang ada di Desa Dahari Selebar, serta lebih memahami tentang manajemen keuangan.

Seperti contoh, katanya,  uang pribadi tidak boleh dicampur dengan uang perusahaan dan uang usaha tetap uang usaha bukan uang pribadi.

Ia juga memberikan semangat kepada peserta yang hadir terutama kepada Mahasiswa KKN."Bahwa apapun pekerjaan kita nantinya seperti PNS, TNI, POLRI, Guru dan lainnya harus mempunya usaha lain selain dari pada profesinya untuk mendukung dan meningkatkan pendapatan keluarga,"ungkapnya.(Zfn/TO).

 

Facebook comments

Adsense Google Auto Size