Skip to main content
This block is broken or missing. You may be missing content or you might need to enable the original module.

Ini Dua Faktor Kunci Keberhasilan Pembangunan Desa

Bengkulu, TuntasOnline.com – Kegiatan Seleksi Aktif Tenaga Ahli Regional Management Consultant TA-RMC merupakan pelaksana program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD), yang dilaksanakan pada Kamis (15/12). Program Pemerintah Pusat ini bertujuan guna mendukung peningkatan tata kelola pemerintahan desa dan percepatan pelaksanaan pembangunan desa.

Disampaikan Agnes selaku Sekretaris Dinas PMD Provinsi Bengkulu, (18/12) peningkatan kapasitas pemerintahan dan kualitas belanja desa diyakini sebagai faktor kunci keberhasilan pembangunan desa.

“P3PD akan fokus pada penyediaan dan pengembangan dukungan terhadap penguatan tata kelola pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang akuntabel, partisipatif dan sesuai dengan kebutuhan lokal,” sampainya.

P3PD memiliki tiga sasaran kegiatan yakni tersedianya sistem penyediaan intervensi program dalam pengembangan kapasitas berbasis teknologi. Kemudian tersedianya dukungan pembelajaran baru berbasis teknologi digital di lokasi, dan terbangunnya kepemimpinan dan koordinasi nasional yang berorientasi pada hasil.

“P3PD diharapkan akan membawa perubahan sistem pembinaan dan pengawasan kepada desa dan pemerintah daerah melalui inovasi pengembangan sistem peningkatan kapasitas yang efisien yang berbasis big data dengan menggunakan teknologi digital,” terang Agnes.

Oleh sebab itu, ia menekankan pentingnya koordinasi, pendampingan, inovasi dan pengawasan serta pembinaan oleh semua pihak. Pendampingan pembangunan desa bukan hanya pada kuantitas pendamping tetapi dari kualitasnya.

“Pendamping harus mampu memberikan motivasi kepada masyarakat agar lebih berdaya untuk menggali potensi desa dan memanfaatkan teknologi digitalisasi,” ujar Agnes.

Lebih lanjut Agnes menegaskan, PMD siap menyukseskan program P3PD di Bumi Rafflesia Provinsi Bengkulu. (Adv)

Tags

This block is broken or missing. You may be missing content or you might need to enable the original module.

Facebook comments

Adsense Google Auto Size