Skip to main content
Serahkan Penghargaan Dalam Diskusi Rencana Pendirian RBM Ini Pesan Cory Sebayang
Serahkan Penghargaan Dalam Diskusi Rencana Pendirian RBM Ini Pesan Cory Sebayang

Serahkan Penghargaan Dalam Diskusi Rencana Pendirian RBM, Ini Pesan Cory

Karo,TuntasOnline.com - Dalam rangka diskusi bersama tentang RBM (Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat),  Bupati Karo Cory S Sebayang hadir dalam acara tersebut bersama masing-masing Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Karo, para Camat masing-masing Kecamatan  dan para Kepala Desa se- Kabupaten Karo yang dilaksanakan di Aula YKPD GBKP Juma Lingga, Rabu (19/01/2022)

Kegiatan ini merupakan pelayanan terhadap para penyandang Disabilitas yang merupakan tugas penting yang harus dilakukan YKPD GBKP ALPHA OMEGA yang selama ini melakukan pelayanan yang berbasis panti dan akan dikembangkan untuk menjangkau para penyandang Disabilitas diluar panti melalui program Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat (RBM). 

Bupati Karo Cory S Sebayang dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Pemerintah sangat mendukung kegiatan Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat (RBM) dengan melibatkan Dinas terkait yaitu Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karo, para Camat dan para Kepala Desa.

Ia juga menganjurkan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan agar memberikan pelatihan kepada penyandang Disabilitas sehingga tidak ada perbedaan penyandang disabilitas dengan masyarakat umum lainnya serta mandiri tidak tergantung kepada orang lain. 

Pada kesempatan itu juga, Bupati Karo Cory S Sebayang juga menyerahkan penghargaan dan berterimakasih sekaligus mengapresiasi Kepala Desa Suka dan Kepala Desa Tanjung Barus yang sudah melaksanakan Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat (RBM).

"Bupati Karo berharap untuk tahun 2022 ini akan bertambah desa yang melaksanakan Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat (RBM), " tutupnya.

Di kesempatan yang sama, Direktur  YKPD GBKP ALPHA OMEGA Pdt.Monalisa Br.Ginting menjelaskan, tujuan utama dari pendirian RBM untuk melayani penyandang disabilitas dalan hal kebutuhan paling mendasar/akses disabilitas, menghilangkan stigma/penilaian negatif tentang disabilitas ditengah- tengah masyarakat.

Serta sekaligus sebagai wadah diskusi tukar pikiran antar sesama penyandang disabilitas, dengan masyarakat dan pemerintah desa.

Untuk itu, Pdt Mona Lisa mengharapkan dukungan dari pemerintah dan seluruh stakeholder dalam pendirian RBM ini. 

Dalam perjalanannya nanti, ALPHA OMEGA dalan menangani Disabilitas melakukan kerjasama dengan instansi terkait dan pemerintah desa. "Dan kita akan mengutamakan desa yang cukup tinggi penduduk menyandang Disabilitas, "pungkas Direktur YKPD ALPHA OMEGA Moderamen GBKP.(wan/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size