Skip to main content
Penanggung Jawab Penyelenggara Lilik Suhendro
Penanggung Jawab Penyelenggara Event Lilik Suhendro (Foto : Rekro)

Pagelaran Festival Bunga dan Buah, Panitia Buka Pendaftaran Marching Band Competition

Karo, TuntasOnline.com - Menjelang perayaan Festival Bunga dan Buah Kabupaten Karo pada  01 - 03 Juli 2022,  Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kabupaten Karo akan menggelar even Marching Band Competition di kota Berastagi dalam perayaan Festival Bunga dan Buah.

Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kabupaten Karo akan menggelar even Marching Band Competition di kota Berastagi diikuti peserta dari Kabupaten/ kota se-Sumatera Utara. 

"Sampai saat ini telah sembilan klub/unit marching band yang memastikan untuk hadir dan tampil berlaga diantaranya, kabupaten/kota yakni Karo, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Simalungun, Sibolga dan Paluta, menyusul kota - kota lainnya", ungkap penanggung jawab penyelenggara, Lilik Suhendro, di Sekretariat Panitia, Jum'at (27/05) siang.

Perhelatan tersebut dilaksanakan selama dua hari (01 s/d 02 Juli 2022), dari pukul 09.00 WIB hingga selesai, mereka akan berlaga di tiga mata lomba yaitu: Carnaval Parade, Corsert, Creative dan Colour Guard Contest untuk memperebutkan piala bergilir/tetap Bupati Karo serta uang pembinaan dengan total 25 juta. 

Kegiatan ini kata Lilik Suhendro, tidak bisa dianggap hal kecil dan main - main serta sebatas penampilan. Selain menjalankan  program kerja PDBI Kabupaten Karo, penyelenggara membawa misi yang besar dalam upaya mendongkrak pariwisata di "Bumi Turang"  Kabupaten Karo untuk meningkatkan perekonomian masyarakat paska pasca pandemi Covid-19.

Lankit Lilik menjelaskan, selain ajang adu prestasi dan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) bagi atlet, akan membawa dampak ekonomi bagi masyarakat luas, terutama para penggiat pariwisata. Sebab peserta, pelatih, official dan pendukung lainnya akan hadir ke Tanah Karo mencapai seribuan orang.

"Bisa dibayangkan, berapa besar dana peserta yang bisa diserap ke darah Karo. tinggal bagaimana kita mengemas acara dan publikasi sebagai tuan rumah yang baik, sehingga masyarkat berbondong-bondong datang ke Kabupaten Karo," tutur Lilik Suhendro. 

Berkaitan dengan hal tersebut, penyelenggara benar - benar akan bersikap profesional dan mohon dukungan seluruh stakeholder Untuk kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan Marching Band Competition tahun 2022 dalam cara pesta bunga dan buah yang dilaksankan setiap tahunnya. Namun karena pandemi covid-19 melanda kegiatan tersebut tertunda selama dua tahun.

Lilik juga menyampaikan, bahwa penyelenggara akan didukung oleh 9 orang juri bersertifikat nasional dari Jakarta dan Sumatera Utara (Medan).

Dengan demikian, diharapkan para peserta yang akan berkompetisi dapat menjunjung  sportivitas dan fair play, sehingga gelaran ini bisa menjadi ajang lomba dan hiburan yang menarik, baik dalam segi kuantitas mau pun kualitas, tandasnya.

Yang tak kalah penting dan tidak bisa dikesampingkan, peran serta secara aktif dari sponsorship dalam hal ini sangat dibutuhkan dalam menopang anggaran kegiatan, karena tanpa bantuan sponsor mungkin sulit terwujud secara maksimal, tutupnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Karo Ferianta Purba mengapresiasi atas pagelaran marching band menjelang perayaan pesta bunga dan buah.

"Kita sangat berharap dengan penyelenggaraan acara tersebut geliat ekonomi masyarakat Karo akan semakin meningkat. Untuk itu, Ferianta Purba berharap para pelaku UMKM di Tanah Karo untuk bisa mengemas produk unggulan UMKM dari Bumi Turang serta berharap seluruh masyarakat terlebih dari segi keamanan dan kenyamanan para pelancong yang datang ke Tanah Karo,"pungkas ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Karo ini.

Diketahui bahwa nama klub/unit Marching Band yang telah siap tampil :  DC bqMethodiat Berastagi, SMK Al wasliyah 2 Simalungun, MB  GBM MAN 3 Medan, Pemadu Paluta, SMK N 1 Beringin Deli Serdang, DC Mualimin Medan, Gema Karya Perbaungan, SGP YPI Batang Kuis, SMP Fatimah Sibolga.(wan/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size