Skip to main content
GMBB Somasi Bupati Batu Bara Soal Sayembara Perubahan Lambang Daerah
GMBB Somasi Bupati Batu Bara Soal Sayembara Perubahan Lambang Daerah

GMBB Somasi Bupati Batu Bara Soal Sayembara Perubahan Lambang Daerah

BATUBARA, Tuntasonline.com - Ketua Gerakan Masyarakat Batubara Bersih Ismail, SH mengungkapkan telah melayangkan surat somasi kepada Bupati Batu Bara terkait sayembara lambang Daerah yang masih tahap penundaan.

"Kami GMBB telah melayangkan surat somasi kepada Bupati Batubara untuk membatalkan sayembara perubahan Lambang Daerah Batu Bara," kata Ismail, SH saat di wawancarai di Tanjung Tiram, Kamis (20/1/2022).

Dirinya mengatakan sayembara Perubahan Lambang Daerah Batubara yang disembarakan oleh Pemkab Batubara cacat hukum dan tidak mengacu serta mempertimbangkan Peraturan Daerah Nomor 55 Tahun 2009.

"Surat pembukaan sayembara dan penundaan yang dikeluarkan Sekertaris Daerah diduga cacat hukum, di surat pembukaan itu ada diterapkan tanggal, bulan, tahun dan tempat sedangkan surat penundaan tidak terlihat hal itu, ini kan ada kejanggalan dan menjadi tanda tanya besar,"ujarnya.

Disinggung soal isi surat somasi, Ismail mengatakan, GMBB meminta Pemkab Batubara untuk membatalkan perlombaan sayembara Lambang Daerah tersebut, bukan menunda. Yang kita inginkan itu dibatalkan.

Kita juga mengingatkan Pemkab Batubara harus mematuhi Perda No. 55 Tahun 2009 sebagai sumber hukum, ujarnya.

Ismail, SH menambahkan, selait menyurati Bupati Batubar,  GMBB juga telah menyurati KPK RI, Mendagri dan Gubernur Sumatera Utara terkait tembusan somasi  tersebut.

Apabila surat yang kita layangakan tidak diindahkan dalam waktu 7 hari terhitung dari surat yang dikeluarkan, demi menjaga keutuhan, keamanan dan perpecahan maka GMBB akan mengabil tindakan hukum, baik secara Perdata maupun Pidana, ungkap Ismail mantan Alumni Kampus UMSU.(Zfn/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size