Skip to main content
Dugaan Pembiaran Limbah Pertamina Pendopo Akan Dilaporkan ke MenLHK
Dugaan Pembiaran Limbah Pertamina Pendopo Akan Dilaporkan ke MenLHK (Foto/AB)

Dugaan Pembiaran Limbah, Pertamina Pendopo Akan Dilaporkan ke MenLHK

PALI, TuntasOnline.com - PT Pertamina Hulu Rokan Pendopo Field diduga melakukan pembiaran dengan sengaja menimbun limbah minyak mentah diwilayah Eks Petroleum. Tentu saja hal ini sangat berpengaruh besar dan bisa berpotensi buruk terhadap lingkungan hidup.

Dengan adanya dugaan itu, Satgas Badan Penelitian Independen Kekayaan Penyelenggaraan Negara Dan Pengawas Anggaran Negara Republik Indonesia (BPI KPNRI) Provinsi Sumatera Selatan dalam waktu dekat ini akan melayangkan surat ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

" Nanti kita akan laporkan hal ini melalui surat elektronik (email) berserta dokumen berupa photo limbah ke pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia," kata Suherman, Satgas BPI KPNRI Provinsi Sumatera Selatan untuk wilayah PALI pada Sabtu (24/9/2022).

Karena menurutnya, hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, apalagi limbah ini sangat berbahaya berpotensi besar terjadinya pencemaran yang bisa merusak ekosistem hutan dan air diwilayah kabupaten PALI.

Dia berharap pihak perusahaan PT Pertamina Hulu Rokan Pendopo Field, taat serta mematuhi peraturan dan Undang-undang No.32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, dalam upaya sistematis dan terpadu.

Dengan tujuan untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran atau kerusakan lingkungan hidup yang meliputi perencanaan, pemanfaatan, serta Pengembalian.

" Kita lihat saja nanti, apabila dalam waktu dekat ini tidak ada tindakan dan upaya dari pihak PT. Pertamina untuk membersihkan limbah minyak yang diduga ditimbun tersebut, maka kita akan membawa persoalan ini ke pihak yang berkompeten dalam hal ini Kementerian lingkungan hidup dan kehutanan," Ucapnya.

Sementara salah satu pihak PT. Pertamina Hulu Rokan Pendopo Filed, yang membidangi kehumasan ketika dikonfirmasi seakan akan tidak mengetahui atau memang tidak tau keberadaan limbah minyak mentah yang diduga ditimbun diwilayah eks petroleum Benakat minyak.

" Walaikumsalam wr wb, mohon maaf di lokasi mana ya ini," Tulis Andi Njo ketika membalas konfirmasi dari wartawan via pesan WhatsApp pada Jumat (23/9/22) kemarin.

Dari hasil jawaban konfirmasi ini seakan akan pihak perusahaan PT Pertamina Hulu Rokan tidak mau ambil pusing dan tidak tau adanya dugaan pembiaran akan terjadinya pencemaran lingkungan hidup.

Dilain waktu Bakrin kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten PALI diminta tanggapan terkait limbah minyak mentah tersebut, dia sangat berharap jajaran PT Pertamina Serius memulihkan kembali lingkungan yang tercemar 


"Ya Nanti kita kondirnasikan ke Pertamina Agar di pulihkan sepenuhnya, Jangan Hanya ditimbun," Ujar Bakrin secara tegas dan singkat.

Facebook comments

Adsense Google Auto Size