Skip to main content
Bupati Karo Hadiri Pertemuan Kepala Daerah dengan Presiden RI
Bupati Karo Hadiri Pertemuan Kepala Daerah dengan Presiden RI (Foto/Diskominfo Karo)

Bupati Karo Hadiri Pertemuan Kepala Daerah dengan Presiden RI

Jakarta,Tuntasonline.com - Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang didampingi Kepala Bappedalitbang Nasib Sianturi menghadiri pertemuan Kepala Daerah se- Indonesia dengan Presiden RI Joko Widodo di Ruang Cendrawasih Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (29/9).

Pertemuan ini diselenggarakan dalam rangka menerima pengarahan dari Presiden terkait Pengendalian Inflasi di Daerah, Tindak Lanjut Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia serta Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

Presiden dalam arahannya menyampaikan agar berhati-hati di masa ekonomi global yang sangat sulit diprediksi akhir-akhir ini.

Selain itu Presiden juga mengingatkan untuk menggunakan produk-produk dalam negeri serta memajukan wisata daerah untuk menambah devisa daerah.

Presiden meminta seluruh jajaran pemerintah terus meningkatkan penggunaan anggaran belanja untuk membeli produk dalam negeri. 

Jangan sampai, dalam situasi ekonomi yang tidak mudah ini, APBN, APBD yang uangnya dikumpulkan dari pajak, dari bea cukai, dari PNBP, dari dividen BUMN, kumpul kemudian ditransfer ke daerah namun dibelanjakan untuk membeli barang-barang impor. Belilah produk-produk dalam negeri, produk UMKM, produk koperasi.

Sejalan dengan hal itu, saya meminta agar produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan koperasi terus didorong agar masuk ke dalam e-katalog.

Dalam penanganan pandemi Covid-19, kita bisa bersama-sama, kompak dari pusat sampai daerah. Sekarang, dalam urusan inflasi kita juga harus kompak bersama-sama.

Para kepala daerah tidak usah ragu dalam menggunakan biaya tak terduga dan dana transfer umum karena regulasinya sudah ada. Peraturan Menteri Keuangan, SE (surat edaran) Mendagri, sudah ada. Saya juga sudah sampaikan ke Kejaksaan Agung dan KPK",tutup Presiden.

Bupati Karo Cory S Sebayang menyampaikan, siap menjalankan arahan dari bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengenai pengendalian inflasi daerah. Antara lain melalui peningkatan daya beli masyarakat, memastikan kelancaran jalur distribusi komoditas atau barang, hingga meningkatkan hasil produksi komoditas, sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo mengenai pengendalian inflasi daerah, tindak lanjut afirmasi bangga buatan Indoensia.

Turut hadir, seluruh pejabat kementerian/lembaga, kepala daerah provinsi dan kabupaten/kota, Kapolda, Pangdam, dan Kajati seluruh Indonesia.(wan/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size