Skip to main content
BPPRD Batubara Tagih Wajib Pajak Yang Membandel
BPPRD Batubara Tagih Wajib Pajak Yang Membandel

BPPRD Batubara Tagih Wajib Pajak yang Membandel

BATUBARA, Tuntasonline.com - Badan Pengelolah Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Batubara bersama tim gabungan dari kepolisian dan Satpol PP serta Kejaksaan Negeri Batubara mendatangi wajib pajak yang membandel, Senin (11/10/2021)

Kepala BPPRD Batubara Rijali menjelaskan, kedatangan tim gabungan yang terdiri dari kejaksaan, kepolisian, dan Satpol PP ke salah satu kafe yang ada di Kecamatan Air Putih untuk menagih paksa wajib pajak.

“Sebelum dilakukan penagihan paksa, pihak BPPRD Batubara terlebih dahulu melayangkan surat teguran agar segera melunasi kewajiban pajak,” katanya.
Namun setelah surat teguran tidak diindahkan, maka pihak BPPRD bersama dengan tim gabungan mendatangi para wajib pajak untuk melakukan penagihan paksa.

“Penagihan paksa akan dilakukan kepada seluruh para wajib pajak di Kabupaten Batubara. Tidak ada tebang pilih, semua sama,” ujar Rijali.

Dikatakan Rajali, upaya ini akan terus dilakukan, menagih langsung wajib pajak yang membandel setelah sebelumnya diberikan surat teguran atau surat peringatan sebagai upaya agar wajib pajak melunasi utang pajaknya.

Jika jatuh tempo dan wajib pajak bersangkutan tidak menggubris, BPPRD dapat membuat surat paksa yang merupakan surat perintah membayar utang pajaknya. Selain melakukan penyitaan sampai penyanderaan dalam bentuk penahanan sementara dan pidana.

“Ini telah sesuai UU No. 28 Tahun 2009 Pasal 174 yang mengatur besaran maksimal dan minimal tunggakan dan denda dua kali lipat,"ungkapnya.

Kasi Datun Kejaksaan Negeri Batubara, Doni Harahap menjelaskan, sebelumnya pihak kejaksaan telah melakukan pemanggilan terhadap beberapa para penunggak pajak.

“Hari ini, pihak kejaksaan mendatangi dan melakukan eksekusi kepada para wajib pajak yang membandel,” tandasnya.(Zfn/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size