Skip to main content
Kasus Covid-19 Melandai Pemprov Bengkulu Pastikan Ketersediaan Oksigen Mencukupi
Kasus Covid-19 Melandai Pemprov Bengkulu Pastikan Ketersediaan Oksigen Mencukupi

Kasus Covid-19 Melandai, Pemprov Bengkulu Pastikan Ketersediaan Oksigen Mencukupi

Bengkulu, TuntasOnline.com - Asisten II Setda Provinsi Bengkulu Yuliswani pimpin Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Ketersedian Oksigen untuk Kebutuhan Medis dalam Penanganan Covid 19 di Provinsi Bengkulu, di Ruang Pola Pemerintah Provinsi Bengkulu, Jum'at (20/08).

Disampaikan Asisten II Yuliswani, Pemprov Bengkulu pada prinsipnya terus berupaya memenuhi kebutuhan oksigen bagi pasien COVID-19. Hanya saja, masih sering tidak sinkronnya antara data kebutuhan oksigen di 19 Rumah Sakit (RS) rujukan dengan ketersediaan di tingkat supplier, selalu berujung pada tidak terpenuhinya kebutuhan oksigen tersebut. 

Sehingga, menyikapi agar kondisi ini tidak terulang, terlebih disaat tingginya kebutuhan oksigen, maka Satgas Pengendalian Ketersediaan Oksigen Provinsi Bengkulu, diminta betul secara update melakukan pengecekan, baik dari sisi demand/ kebutuhan hingga supply yang tersedia.

"Jadi data itu sangat diperlukan, untuk kebutuhan RS dan berapa supply yang ada. Untuk itu kita juga harapkan dari 19 RS ini, menginput data secara update melalui Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS)," jelas Yuliswani yang juga merupakan Ketua Satgas Pengendalian Ketersediaan Oksigen Provinsi Bengkulu ini.

Sementara itu, dikatakan Kadis Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni, untuk ketersediaan oksigen di Provinsi Bengkulu saat ini mencukupi. Hanya saja mengatasi jika kembali terjadi lonjakan kasus dan kebutuhan oksigen tersebut, pihaknya masih membutuhkan sekitar 400 tabung oksigen lagi.

"Sesuai dengan aturan Kemenkes RI, stok tabung oksigen plus isinya itu minimal kebutuhan normal dikali 3. Jadi saat ini kita ada sekitar 800 tabung, makanya kita juga terus berupaya melakukan penambahan minimal 400 tabung lagi," ungkapnya.

Di sisi lain, Herwan Antoni berharap, dengan kondisi kasus COVID-19 di Provinsi Bengkulu hingga saat ini terus melandai, masyarakat diimbau terus konsisten menerapkan protokol kesehatan, sehingga tidak kembali terjadi lonjakan kasus.(ReTra/MC)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size