Skip to main content
Jubir KPK Ali Fikry
Jubir KPK Ali Fikry

Terkait Pelaporan ke Dewan Pengawas, Begini Respon Pimpinan KPK

JAKARTA, TuntasOnline.com - Menanggapi pelaporan Pimpinan KPK kepada Dewan Pengawas terkait dengan Tes Wawasan Kebangsaan.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Pimpinan KPK Alexander Marwata melalui juru bicara (jubir) KPK Ali Fikri kepada wartawan melalui pesan rilisnya Rabu(19/05) pukul 12.00.WIB kepada tuntasonline.

"Bahwa, Pimpinan KPK menghormati pelaporan dimaksud karena KPK menyadari bahwa pelaporan kepada Dewan Pengawas adalah hak setiap masyarakat yang menemukan dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh insan KPK," Ungkap Ali Fikry.

Lanjut jubir menyampaikan, Pimpinan KPK menyerahkan sepenuhnya tindak lanjut atas pelaporan tersebut kepada Dewan Pengawas KPK sesuai dengan tugas dan kewenangan Dewan Pengawas. 

Diketahui, Pimpinan KPK sebelum mengambil keputusan, pimpinan selalu membahas dan berdiskusi tidak saja dengan semua Pimpinan bahkan dengan jajaran pejabat struktural KPK.

"Hal ini KPK lakukan sebagai perwujudan Kepemimpinan kolektif kolegial, semua keputusan yang diambil adalah keputusan bersama, bukan keputusan individu salah seorang Pimpinan KPK," Imbuhnya.

Ali Fikry juga menjelaskan, bahwa semua produk kebijakan yang dikeluarkan oleh kelembagaan KPK seperti Peraturan Komisi, Peraturan Pimpinan, Surat Keputusan, Surat Edaran dan semua surat yang ditandatangani oleh Ketua dipastikan sudah dibahas dan disetujui oleh 4 Pimpinan Kpk lainnya.

"Semua keputusan kelembagaan diambil melalui proses pembahasan bersama secara kolektif kolegial oleh seluruh Pimpinan KPK, "Pungkasnya.(RT/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size