Skip to main content
Kemenag Terbitkan SE Besaran Zakat Fitrah Tahun 1442 H
Kemenag Terbitkan SE Besaran Zakat Fitrah Tahun 1442 H

Kemenag Terbitkan SE Besaran Zakat Fitrah Tahun 1442 H

Kota Bengkulu, TuntasOnline.com - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bengkulu sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor: B-708/Kk.07.04/BA.03.2/4/2021 tentang Hasil Rapat Penentuan Qimad Zakat Fitrah tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi, Jumat (23/4).

Kepala Kantor Kemenag Kota Bengkulu Zainal Abidin mengatakan, penentuan zakat fitrah ini berdasarkan rapat bersama kemenag dengan pihakk terkait. Selain itu juga mengacu dengan harga pasaran beras di Kota Bengkulu. 

“Kita sudah melakukan survei harga beras sebagai patokan penentuan zakat fitrah,” katanya.

Zainal juga mengatakan bahwa, SE besaran zakat fitrah ini juga telah disetujui dari berbagai pihak. 

"Pihak yang ikut dalam pengesahan SE ini Seperti, dari Kemenag Kota Bengkulu, juga ada perwakilan Pemkot Bengkulu yaitu Bagian Kesra, dan Disperindag. Lalu MUI, Baznas, pimpinan Ormas Islam dan perwakilan pengurus masjid se-Kota Bengkulu," ungkapnya.

T

Isi didalam SE yaitu, zakat fitrah ditunaikan dalam bentuk beras atau makanan pokok seberat 2,5 Kg atau 3,5 liter per-jiwa (10 canting per orang). Kualitas beras atau makanan pokok sesuai dengan yang dikonsumsi sehari-hari. 

Apabila digantikan dengan uang, ada beberapa kriteria yang telah ditentukan. Diantaranya yang pertama ialah sebesar 35 ribu, kedua 30 ribu dan terakhir 25 ribu.

“Kita mengimbau kepada masyarakat agar dapat disegerakan membayar zakat fitrah. Sehingga pendistribusiannya kepada mustahik (penerima) juga bisa lebih cepat. jangan lupa saat penyaluran tetap patuhi prokes,” pungkas Zainal. (Panji)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size