Skip to main content
Menkes Budi dan Gubernur Rohidin Tinjau Vaksinasi Lansia
Menkes Budi dan Gubernur Rohidin Tinjau Vaksinasi Lansia

Menkes Budi dan Gubernur Rohidin Tinjau Vaksinasi Lansia

Bengkulu, TuntasOnline.com - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin bersama Gubernur Rohidin Mersyah meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 khusus untuk masyarakat lanjut usia (lansia) yang dilaksanakan di Puskesmas Jalan Gedang Kota Bengkulu, Kamis (11/3/2021).

Pada kesempatan ini, Menkes Budi GS mengapresiasi langkah Gubernur Rohidin. Ia pun mengajak semua lapisan agar sama - sama menyukseskan vaksinasi Covid-19 yang ditergetkan selesai pada Desember 2021.

"Kita tidak bisa melakukannya sendiri kita harus melakukannya sama - sama, Kementerian Kesehatan ini tidak mungkin melakukan ini secara ekslusif tetapi harus inkulsif dengan Pemerintah Daerah dengan Polri, TNI, partai politik baik yang warnanya merah atau yang warnanya kuning," kata Budi.

"Supaya kita bisa berkerja sama - sama dan ini tidak hanya menjadi gerakan pemerintah tetapi harus menjadi gerakan semua komponen bangsa, jika semua modal sosial bangsa di kerahkan kita pasti bisa, apalagi saya melihat taglinenya pak Gubernur ini hebat sekali, Bengkulu Maju, Sejahtera dan Hebat," tambah Menkes.

Sementara itu, Gubernur Rohidin menjelaskan bahwa vaksinasi massal tahap II ini akan difokuskan bagi pelayan publik dan lansia, sebelumnya vaksinasi tahap I diperuntukan bagi tenaga kesehatan.

"Untuk vaksinasi tahap I yang di peruntukan bagi tenaga kesehatan, Alhamdulilah dari 30 ribuan dosis yang kita terima bagi kurang lebih 14 Ribu tenaga kesehatan yang ada di Bengkulu angka pelaksanaannya telah berada di atas 92 persen, adapun untuk tahap II untuk pelayanan publik dan para lansia, sejak beberapa terakhir juga sudah berjalan dengan baik," jelas Gubernur Rohidin.

Salah satu lansia yang menjalani vaksinasi kekek Saldanis mengungkapkan tidak ada kendala apa - apa setelah ia mendapatkan vaksinasi. Ia pun merasa tetap fit tidak ada gejala seperti pusing ataupun mual.

"Alhamdulilah setelah disuntik masih fit, aman, tidak ada masalah apa - apa, untuk riwayat penyakit alhamdulilah belum ada paling hanya flu biasa," ujar Saldanis.

Ia pun mengajak lansia lain agar tidak takut untuk divaksin. Menurutnya pada kondisi Covid-19 seperti saat ini sangat penting untuk menjaga kesehatan, terlebih bagi yang sudah lanjut usia sepertinya.

"Dengan kondisi sekarang ini untuk menjaga kondisi kita harapkan agar para lansia juga mengikuti kegiatan vaksinasi ini, karena bagaimana pun kita harus mengantisipasi segala kemungkinan, jadi sangat membantu," ujar kakek berusia 70 tahun ini.

Adapun total lansia yang terdata menjalani vaksinasi tahap II ini berjumlah 100 lansia dengan umur di atas 60 tahun yang merupakan pensiunan tenaga kesehatan.(ReTra/MC)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size