Skip to main content
Perketat Penerapan Prokes Pemprov Bengkulu Targetkan Kasus Covid-19 Turun
Perketat Penerapan Prokes Pemprov Bengkulu Targetkan Kasus Covid-19 Turun

Perketat Penerapan Prokes, Pemprov Bengkulu Targetkan Kasus Covid-19 Turun

Bengkulu, TuntasOnline.com - Guna mengurangi perkembangan penyebaran kasus Covid-19 di Provinsi Bengkulu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu akan menargetkan kasus Covid-19 di Provinsi Bengkulu  5 persen turun dalam tahun 2021 ini, Rabu (6/1).


“Meski perkembangan kasus Covid 19 saat ini masih tinggi di atas 18 persen, namun ditargetkan bisa turun dibawah 5 persen. Begitu juga dengan angka kesembuhan mencapai 80 persen,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni.


Herwan menuturkan strategi yang harus dilakukan dengan memperkuat sosialisasi, menghimbau termasuk memberikan sanksi kepada masyarakat yang melanggar disiplin protokol kesehatan (prokes).


"Ini harus ada upaya kita bersama agar bisa menurunkan kasus covid-19 di wilayah Bengkulu. Apalagi jika melihat kluster penyebaran Covid-19 paling dominan yakni kluster masyarakat umum, tenaga kesehatan, perkantoran dan pasar,” ujarnya.


Herwan menyebutkan, kalau dengan Provinsi Bengkulu saat ini masuk kategori sedang dalam penyebaran kasus covid-19, Pemprov juga telah mengusulkan agar Peraturan Gubernur (Pergub) Bengkulu Nomor 22 tahun 2020, tentang disiplin protokol kesehatan (prokes) Covid-19 menjadi Peraturan Daerah (Perda) ke DPRD Provinsi Bengkulu. 


Mengingat dengan adanya Perda tersebut nantinya, bisa menjadi payung hukum saat penegakan protokol kesehatan covid-19 seperti Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.


“Dengan payung hukum dalam pemberian sangsi itu, diharapkan juga dapat memberikan efek jera kepada masyarakat yang melanggar,” tutupnya. 

Facebook comments

Adsense Google Auto Size