Skip to main content
Membanggakan Era Rohidin IAIN Bengkulu Resmi Jadi UIN
Era Rohidin IAIN Bengkulu Resmi Jadi UIN

Membanggakan, Era Rohidin IAIN Bengkulu Resmi Jadi UIN

Bengkulu, TuntasOnline.com – Perjuangan yang mendapatkan hasil memuaskan,  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu resmi naik status ke Universitas Islam Negeri setelah mendapatkan Izin Prakasa sekitar Pukul 16.00 WIB di Jakarta, Turun dari Presiden RI Joko Widodo, Kamis (12/11).

Kepada Media ini Rektor IAIN Bengkulu Prof. Dr. H. Sirajuddin.M,M.Ag,M.H kepada media ini melalui Pesan Whatsapp mengatakan Alhamdulillah perjuangan yang melahkan membuahkan hasil baik, Karena izin Prakasa memberikan waktu 14 Hari Kerja untuk menyelesaikan Peraturan Presiden (Perpres) tentang UIN Bengkulu.

“Alhamdulillah perjuamgan yg melelahkan membuahkan hasil krn izin prakarsa memnerikan waktu 14 kerja utk menyelesaikan Peraturan Presiden ttg UIN Bengkulu,” Kata Rektor IAIN Bengkulu.

Lanjut Rektor IAIN Menambahkan Untuk penyerahan Izin Prakasa dari Sekretaris Negara (Sekneg) ke Rektor IAIN Bengkulu disaksikan bapak Wakil Menteri Agama RI di Hotel Lumere Jakarta tadi malam.

“Penyerahan izin prakarsa dari sekneg ke rektor IAIN Bkl disaksikan bpk wakil menteri agama RI di Hotel Lumere Jkt tadi malam,Imbuhnya Rektor IAIN.

Yang menjembatani ke Presiden, 6 IAIN ke UIN adalah Ketua DPD RI bapak Lanyalla Mattalitti, Beliau berjuang untuk memudahkan akses pendidikan tinggi islam di beberapa daerah termasuk Provinsi Bengkulu yang masih tertinggal,Tutupnya.

“Yang menjembatani ke Presiden,  6 IAIN ke UIN adalah  Ketua DPD RI. Bpk Lanyalla Mattalitti. Beliau berjuamg utk memudahkan akses pendidikan tinggi Islam di bbrp daerh termasuk Bengkulu yg msih tertinggal,”Tutupnya Rektor IAIN.

Perlu diketahui bersama Era Kepemimpinan Gubernur Bengkulu (Non Aktif) Dr H Rohidin Mersyah, beberapa Bulan lalu hingga saat ini Pemrov Bengkulu terus Upaya mendorong untuk meningkatkan status lembaga pendidikan hingga saat ini terus dilakukan. Salah satunya pengembangan status lembaga Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

Hal tersebut disampaikan Gubernur Bengkulu (Non Aktif) Dr H Rohidin mersyah melalui Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri saat sebelum menjabat menjadi Sekda, dengan peningkatan status IAIN Bengkulu menjadi UIN jelas memberikan manfaat besar bagi masyarakat Provinsi Bengkulu. Upaya pengembangan dan peningkatan status lembaga ini, dijelaskan Hamka Sabri telah dilakukan Gubernur Bengkulu, melakukan pertemuan dan berkoordinasi dengan Kementerian Agama RI dan Kementerian Pendidikan RI sejak beberapa bulan terakhir.

“Sebagaimana kita ketahui bersama 10 provinsi yang ada di pulau Sumatera, hanya Bengkulu dan Bangka Belitung yang masih IAIN. Jadi sudah seharusnya IAIN Bengkulu kita tingkatkan status kelembagaannya,” jelas Hamka Sabri.

Tindak lanjut atas realisasi peningkatan status lembaga pendidikan ini, menurut Hamka Sabri Pemprov Bengkulu saat ini masih menunggu jawaban dari masing-masing kementerian.

“Jadi kita berharap para orang tua turut mendo’akan perjuanga Pemprov bersama IAIN Bengkulu, agar segera terealisasikan IAIN Bengkulu menjadi UIN Bengkulu,” pungkasnya.

Facebook comments

Adsense Google Auto Size