Skip to main content
Wisuda 729 Mahasiswa Rektor Bangga IAIN Bengkulu Banyak Lahirkan Hafiz Qur'an
Wisuda 729 Mahasiswa Rektor Bangga IAIN Bengkulu Banyak Lahirkan Hafiz Qur'an

Wisuda 729 Mahasiswa, Rektor Bangga IAIN Bengkulu Banyak Lahirkan Hafiz Qur'an

Bengkulu, Tuntasonline.com - Gelar upacara Rapat Terbuka Senat Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, Wisuda Sarjana, Magister dan Dokter Angkatan XIV Tahun 2020 serta Peringatan 7 Tahun IAIN Bengkulu, Kamis, (12/2/2020).

T

Rapat terbuka dibuka secara langsung oleh Ketua Senat IAIN Bengkulu  Reskan A Rahman  serta dihadiri oleh, Sekda provinsi Hamka Sabri, Rektor IAIN Bengkulu Prof. Dr. H. Sirajuddin M, M.Ag, MH, seluruh civitas akademika IAIN Bengkulu, dan tamu undangan. Dilaksanakan di gedung Gunung Bungkuk Bungkulu

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu Prof. Dr. H.Sirajuddin. M.M  mengatakan dari 10 hafiz yang diwisuda tersebut, mahasiswa dan mahasiswi di antaranya telah 9 orang hafal 8 juz. Dan sisanya baru hafal 6 juz.

"Prosesi wisuda ini sebagai apresiasi, karena proses di IAIN berat, mahasiswa yang hafal Al - Qur'an memiliki beban psikologis dan beban moral lebih besar. Tidak hanya setiap hari mengikuti perkuliahan tapi di sela-sela itu mereka mengikuti kegiatan tahfiz Qur'an," jelasnya.

"Mahasiswa yang menghafal Alquran lamanya bervariasi. Pada wisuda kali ini, ada mahasiswa yang mulai menghafal Alquran dari juz 1 pada semester I dan sudah hafal 8 juz pada semester V Biasanya, mahasiswa yang mulai menghafal Alquran dari juz 1 bisa menamatkan sampai 8 juz menjelang kelulusan pada semester VII atau VIII," tambah Sirajudin.

T

Dia juga menyampaikan sebanyak 729 wisudawan IAIN Bengkulu yang diluluskan terdiri dari 718 wisudawan program S1, 9 wisudawan S2 dan 2 wisudawan program S3 (Doktor).

"Tujuh tahun tranformasi IAIN Bengkulu, juga ditandai dengan peningkatan jumlah mahasiswa secara signifikan. Dari hanya ratusan mahasiswa, hingga saat ini kampus telah menerima ribuan mahasiswa baru. Setidaknya, saat ini terdapat 9.157 mahasiswa. Pada 2019, terdapat dua mahasiswa asing asal India," sampai Rektor.

Pada wisuda hafiz pertama tahun 2020, IAIN Bengkulu yaitu 10 mahasiswa yang terdiri atas 9 wisudawan kategori 8  juz dan 1 wisudawan 6 juz. 10 Wisudawan tersebut antara lain, Diana Monita Prodi PAI 8 juz, Meti Setia Wati Prodi PBS 8 juz, Jessy Sri Monica PAI 8 juz, khoirun Nikmah IT 8 juz, Laili Nurdayati PGM 8 juz, Elsa Mala Aliza PAI 8 Juz, Mita Ermaini PBD 8 Juz, Rohayani PIAUD 8 Juz, Widya Purnama PAI 8 JUZ, Wini Ranti TBI 6 Juz.

Dan inilah Mahasiswa/wi terbaik dengan nilai terbaik dikampus maupun Fakultasnya.

Lulusan terbaik Institut, Diana Monita dengan IPK 3.93 (FTT/PAI), Alumni Terbaik Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Jessy Sri Monica IPK 3,94 (FTT/PAI). 

Lulusan terbaik Prodi Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Shinta Lestari IPK 3,96 (FTT/PAI), Della Safitri IPK 3,91 (FTT/PGMI), Bella Intani IPK 3,90 (FTT/PIAUD), Meita Anggraini IPK 3,83 (FTT/TBI), Abdul Latif IPK 3,80 (FTT/TBA).

Lulusan terbaik Fakultas Syariah, Melza Oktaria IPK 3.90 (SYARIAH/HES). Alumni Terbaik Prodi DI Fakultas Syariah, Prodi Hukum Keluarga Islam, Ongky Hosen IPK 3.57 (SYARIAH/HKI). Prodi Hukum Ekonomi Syariah; Dini Trissiani IPK 3.82 (SYARIAH/HES), Prodi Hukum Tata Negara, Apriski Wijaya IPK 3.76 (SYARIAH/HTN), Fakultas Ushuludin, Adab dan Dakwah; Rafinita IPK 3,80 (FUAD/KPI).

Alumni terbaik tingkat Fakultas Ushuludin, Adab dan Dakwah; Meki Sektaries IPK 3.66 (FUAD/KPI), Prodi IQT, Susi Handayani IPK 3.44 (FUAD/IQT), Prodi AFI, Yusantri Andesta IPK 3.66 (FUAD/AFI), Prodi IT, Khoirun Nikmah IPK 3.61 (FUAD/IT), Prodi SPI, Ilham Ma’ruf IPK 3.55 (FUAD/SPI), Prodi BSA, Sara Pramita Sari IPK 3.70 (FUAD/KPI). Prodi MD, Reinaldi Putra Wiranata IPK 3.36 (FUAD/MD), Prodi BKI, Miftahul Ashri IPK 3.75 (FUAD/BKI).

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Alumni Terbaik Ekonomi dan Bisnis Islama; Meti Setiawati IPK 3,88 (FEBI/PBS), Anisah Mawahdah IPK 3.93 (FEBI/PBS), Muhammad Agung IPK 3.78 (FEBI/EKIS), Nadia Fatonah Islamiyah IPK 3.53 (FEBI/MAZAWA).

Tingkat Pasca Sarjana, Asiyah IPK 3.75, S3, PRODI PAI. Prodi Pasi S3 Pasca Sarjana, Hendi Kariyanto IPK 3.60, S3, PRODI PAI. Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Anaria Nurhapizah IPK 3.63 S2, PIAUD. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI S2) Helmen Doni IPK 3.52 S2, PIAUD Program Studi Aqidah Filsafat Islam (AFI) Sri Kumpul IPK 3.51 S2, AFI Program Studi Hukum Tata Negara (HTN), Suhendra IPK 3.57 S2, HTN.

Dari kesepuluh Wisuda terbaik hafal Al- Quran, Diana Monita Kelahiran Nanti Agung 18 Desember 1998 Kabupaten Seluma mendapatkan nilai terbaik dengan jumlah 3,93 (Cumloude).

T

"Senang bisa cepat menyelesaikan kuliahnya. Ya, dengan penuh perjuangan dan doa,serta juga tidak lepas dukungan dari kedua orang tua, alhamdulilah Allah SWT lah yang membantu memberikan jalan kemudahan dalam menyelesaikan pendidikan di IAIN Bengkulu. Kurang lebih 3,5 tahun  tinggal di Mahad IAIN Bengkulu ini, saya mampu menyelesaikan study saya di kampus hijau IAIN Bengkulu,"ungkap Diana.

''Awalnya bisa masuk ke IAIN Bengkulu ini, tidak lain dan tidak bukan adalah keinginan sendiri. Karena, disini kampusnya dengan latar belakang keagamaan. Saya sangat tertarik untuk masuk di IAIN untuk lebih memperdalam pengetahuan agama. Selain kampus hijau di IAIN Bengkulu juga tersedia asrama untuk mahasiswa terpilih, yaitu Ma'had Al-Jami'ah IAIN Bengkulu. Di Ma'had ini tersedia program unggulan tahfizhul Qur'an. Setiap mahasantri yang tinggal di Mahad wajib menghafal Al-Qur'an. Labih lanjut disampaikannya, sejak kecil kedua orang tuanya sudah memasukan dia ke sekolah agama,"tutup diana. (P3)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size