Skip to main content
Peserta KKNI IAIN Bengkulu Berhasil Menerbitkan Buku Bagian Ke- 3
Peserta KKNI IAIN Bengkulu Berhasil Menerbitkan Buku Bagian Ke- 3

Peserta KKNI IAIN Bengkulu Berhasil Terbitkan Buku Bagian Ke- 3

Bengkulu, Tuntasonline.com - Setelah sukses menerbitkan buku pada tahun 2017 dan 2018, Peserta Program Kuliah Kerja Nyata Internasional (KKNI) Tahun 2019 berhasil melanjutkan misi serupa. Buku seri ini berjudul Secercah Harapan di Negeri Jiran (Bagian ke 3). 

Buku ini juga memiliki kesamaan dengan buku- buku yang ditulis oleh para peserta KKN Internasional sebelumnya, yaitu terkait dengan hasil kajian lapangan serta pengalaman yang didapat para peserta KKN selama menjalani program di Malaysia selama hampir 1 bulan. Rabu (27/02)

"Buku yang berisi 17 bab ini  telah resmi terbit sehingga dapat dibaca dan diunduh gratis secara online." Hal ini disampaikan oleh pembimbing lapangan sekaligus editor dari ketiga seri buku ini M. Arif Rahman Hakim.

M. Arifin Rahman Hakim mengatan hal ini didepan para pimpinan LPPM IAIN Bengkulu pada saat menyerahkan buku ini secara resmi kepada lembaga.

Pada saat yang bersamaan, Ketua LPPM IAIN Bengkulu, Dr. Musmulyadi sangat mengapresiasi penuh dan menyambut baik terkait konsistensi pembimbing lapangan KKN Internasional.

"Pembimbing lapangan KKN Internasional selama 3 tahun ini selalu berkomitmen menciptakan karya kolaborasi bersama mahasiswa untuk menciptakan laporan pengabdian dalam bentuk buku ber ISBN. Hal ini pasti memiliki dampak positif dan signifikan bagi seluruh Prodi, Fakultas dan juga lembaga terkait peningkatan akreditasi dan alih status menjadi UIN Bengkulu," tambahnya.

Disamping itu pihak LPPM juga mengapresiasi seluruh mahasiswa peserta KKN Internasional tahun 2019 yang telah berhasil menerbitkan karya akademiknya sehingga diharapkan tulisan-tulisan yang telah terbit ini tidak menjadi karya yang pertama dan terakhir bagi mereka. 

Salah seorang mahasiswa KKN Internasional 2019 bernama Pintiana (Prodi PAI) mewakili teman-temannya akui "bahwa proses penulisan buku ini yang dikerjakan kurang lebih selama 4 bulan memang sedikit sulit dan membutuhkan komitmen yang serius,".

Namun mereka merasa beruntung karena terbantu oleh referensi tulisan- tulisan yang telah diterbitkan para senior mereka yang telah mengikuti program KKN Internasional 2017 dan 2018, sehingga dapat mempermudah mereka dalam hal menentukan kerangka ide serta format penulisan.

Ia juga berharap kepada para peserta KKN Interrnasional angkatan selanjutnya agar nantinya dapat menghasilkan karya yang lebih baik lagi dari apa yang telah mereka ciptakan. (P3)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size