Skip to main content
Hari K3 Gubernur Ingatkan Perusahaan Terkait Pentingnya Keselamatan Kerja
Hari K3 Gubernur Ingatkan Perusahaan Terkait Pentingnya Keselamatan Kerja

Hari K3, Gubernur Ingatkan Perusahaan Terkait Pentingnya Keselamatan Kerja

Bengkulu, TuntasOnline.Com - Peringatan Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2020 Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah tekankan perlu pemahaman K3 yang komprehensif bagi SDM di perusahaan.


Saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari K3 di lapangan kantor Gubernur, Rohidin mengucapkan terimakasih kepada lembaga penyedia tenaga kerja oleh perusahaan ataupun lembaga pemerintah (BUMN) yang telah memenuhi SOP yang ditetapkan.


"Kita berterimakasih kepada lembaga penyedia tenaga kerja oleh perusahaan ataupun lembaga pemerintah (BUMN), yang sudah begitu konsen bagaimana kesehatan dan keselamatan bagi tenaga kerja. Hal ini penting, bukan semata menyoal musibah saja tetapi lebih pada peningkatan produktivitas, maka peralatan dan perlengkapan bekerja harus dipersiapkan dengan baik, disamping perlu bekerja dengan penuh kecermatan, kehati-hatian, dan memenuhi SOP yang ditetapkan," Kata Rohidin saat membacakan amanat Menakertrans.

 

Pemerintah mengajak seluruh pemangku kepentingan baik pengusaha, serikat pekerja, pekerja dan masyarakat, untuk terus meningkatkan pengawasan dan kesadaran pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Karena keselamatan dan Kesehatan lebih penting dari pada pekerjaan itu sendiri.

"Uang bisa dicari, pekerjaan bisa dicari, tapi untuk kesehatan dan keselamatan jiwa nilainya lebih berharga daripada itu, maka harus menjadi prioritas utama," Tegas Rohidin.

T
Keterangan Foto : Pembacaan UUD 1945 oleh Petugas Upacara

 

 

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sudoto mengatakan peringatan Hari K3 ini dilaksanakan secara nasional dengan mengambil tema "Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi".

"Kita terus menghimbau perusahaan di Bengkulu untuk mematuhi SOP pelaksanaan K3, sehingga kejadian yang tidak diinginkan dapat di minimalisir. Sejauh ini, di Bengkulu kasus yang terjadi hanya sedikit (7 kasus), kebanyakan kecelakaan terjadi ketika pekerja ingin berangkat menuju tempat kerja. Terkait jaminan kerja, pada tahun ini (2020) di lingkungan pemprov saja seluruh honorer sudah mendapatkan kartu BPJS ketenagakerjaan," tutup Sudoto. (Mic)

 

ADS1

Facebook comments

Adsense Google Auto Size