Skip to main content
Sukmawati Kisahkan Perjuangan Penjahit Bendera Merah Putih
Sukmawati Kisahkan Perjuangan Penjahit Bendera Merah Putih

Sukmawati Kisahkan Perjuangan Penjahit Bendera Merah Putih

Bengkulu, TuntasOnline.com - Sukmawati yang merupakan putri dari Presiden Pertama Indonesia Ceritakan Sejarah Perjalanan Bendera Merah putih, pada peresmian Monumen Pahlawan Agung Ibu Fatmawati.


Bertempat di Simpang Lima Ratu Samban, Sukmawati meminta izin kepada Presiden dan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah untuk mengulang sejarah dijahitnya Bendera Mera Putih. Rabu (05/02/2020)

Pertemuan pertama Ir. Soekarno dengan Fatmawati bermula saat beliau disingkan oleh penjajah, Fatmawati yang merupakan anak dari seorang tokoh Muhammadiyah.

"Ir. Soekarno setelah diasingkan dengan penjajah di Kota Bengkulu, beliau bertemu oleh Fatma Wati gadis cantik Bengkulu, yang merupakan salah satu anak seorang tokoh Muahammadiyah," kata Sukmawati dalam acara peresmian Monumen Pahlawan Agung Hj Fatmawati.


Singkat cerita sebelum dipersunting oleh Presiden pertama, Fatmawati di janjikan akan dijadikan seorang ibu Negara Pertama dan diamanahkan untuk membuat Bendera Merah Putih.

"Kala itu ibu Fatmawati di tugaskan oleh Soekarno untuk menjahit bendera, beliau mengatakan bahwa bendera ini (Merah Putih) nantinya akan dijadikan Bendera kabangsaan Indonesia Raya," lanjut Sukmawati.

Kemudian Sukmawati menutup sejarah dibuatnya Bendera Merah Putih itu dengan menggangkan Kata merdeka "Merdeka, Merdeka, Merdeka," tutupnya. (Mic)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size