Skip to main content
Berhasil Jalankan Program Samisake Walikota Beri Reward LKM
Berhasil Jalankan Program Samisake Walikota Beri Reward LKM

Berhasil Jalankan Program Samisake, Walikota Beri Reward LKM

Kota Bengkulu, Tuntasonline.com - Walikota Bengkulu Helmi Hasan akan menepati janjinya untuk memberikan reward kepada LKM atau Koperasi yang berhasil menjalankan program Satu Miliar Satu Kelurahan (Samisake) Selasa (7/1/2020).

Disini Helmi mendapat informasi dari pihak Dinas Koperasi dan UKM Kota Bengkulu bahwa ada LKM/Koperasi di Kelurahan Jembatan Kecil yang berhasil mengelola Samisake hingga berkembang. 

Informasi Ini disampaikan langsung oleh salah satu Kepala UPTD Dinas Koperasi dan UKM Kota Bengkulu Rendra kepada Helmi saat acara pertemuan dan silahturrahmi di kantor Dinas Koperasi dan UKM Kota Bengkulu.

“Saya sekedar menginformasikan dan menagih janji Bapak Walikota Bengkulu bahwa akan memberi reward kepada yang berhasil mengembangkan UMKM dari dana Samisake,” kata Rendra.

Mendengar itu, Helmi senyum dan ia mengaku senang. Ia pun ingat dengan janji itu. Reward berupa pinjaman mobil jenis pick up kepada pihak LKM atau koperasi di Jembatan Kecil akan segera diberikan.

“Saya sangat senang ternyata samisake di Jembatan Kecil sudah berkembang dari modal awal Rp 300 juta sekarang sudah menjadi 3,7 miliar lebih perputaran uangnya," ungkap Helmi.

“Dulu memang saya tantang mereka siapa yang berhasil akan diberikan reward berupa pinjaman mobil bagi pengelola samisake. Saat itu permintaan mereka kendaraan mobil pick up, kita sanggupkan,” ujar Helmi.

“Mobilnya sudah ada. Kemarin sudah kita bagikan juga ke kominfo jenis pick up. Dinas koperasi silakan buat suratnya. Insya Allah saya tidak lupa dengan janji itu,” ucapnya.

Ia mengatakan, siapapun yang kinerja dan dedikasinya bagus, silakan sampaikan ke saya dan ingatkan saya untuk saya berikan reward. Silakan sampaikan harapan dan keinginan jika ada yang berhasil,” kata Helmi.

Helmi pun juga menjelaskan, soal samisake adalah program unggulan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu. Oleh karena itu, ia ingin dana Rp 67 miliar itu tersalurkan. Konsekuensinya, LKM dan BKM yang bagus dan berhasil akan diberikan apresiasi serta reward.

Sementara itu, Kadis Koperasi dan UKM Kota Bengkulu, Edison mempresentasikan progress kinerja Dinas Kopersi dan UKM Kota Bengkulu.  bahwa jumlah total koperasi saat ini sebanyak 898. Juga dirincikan koperasi-koperasi berdasarkan jenis koperasinya.

“Ada 19 macam koperasi. Kami juga membuat data koperasi berdasarkan kelurahan, berjumlah 898 koperasi. Kemudian jumlah yang aktif sebanyak 692 koperssi dan yang tidak aktif sebanyak 206 koperasi,” sampainya.

Edi memaparkan bahwa, "total modal yang dimiliki Rp 190 miliar. Modal dari luar koperasi Rp 71 miliar. Data UMKM 400 lebih dan tenaga kerja sebanyak 47 ribu lebih. Jumlah dana yang disalurkan Rp 54.749.400, jumlah peminjam 10.361, penyerapan tenaga kerja 12.754, pengembangan usaha 9.477 dan jumlah usaha baru 943,” tutur Edison. (P3)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size