Skip to main content
Terbukti Pungli Kades Janji Layak Dipecat
Terbukti Pungli Kades Janji Layak Dipecat

Terbukti Pungli, Kades Janji Layak Dipecat

Bengkulu, Tuntasonline.com - Kepala desa (kades) Desa Janji Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu Provinsi Sumatra Utara  Zahri Hasibuan layak dicopot apabila terbukti melakukan dugaan pungutan liar (pungli) dalam pembuatan kartu tanda penduduk (KTP) melalui kepala dusun (kadus) yang diduga diperintah oleh kepala desa (kades) Janji tersebut.

Hal ini dikatakan oleh Ketua DPD Lsm Pisod Labuhanbatu Raya Ir, Syafrizal Siregar (Buyung) di ruang kerjanya Jalan Meranti Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu Rabu (25/12/2019).

Terkait akan dipanggilnya kepala desa (kades) Desa Janji Kecamtan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu Provinsi Sumatra Utara yakni Zahri Hasibuan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Labuhanbatu pada hari kamis (26/12/2019) besok.

"Kami akan tetap terus mengikuti proses perkembangan atas dugaan pungli kartu tanda penduduk (KTP) yang diduga di dalangi oleh kepala desa (kades) Janji tersebut melalui kepala dusun (kadus) Batu Bujur," tutur Buyung.

Lanjut Buyung seperti yang dilansir dari salah satu pemberitaan sebelumnya, Buyung menyampaikan kembali seperti di dalam pemberitaan itu.

Dugaan pungutan liar yang dilakukan oknum kades bernama Jahari, itu mencuat saat salah seorang warga nya bernisial, IR (35) mengaku kepada wartawan telah dimintai uang sebesar Rp.50.000 saat pengambilan KTP dari tangan Muktar Sipahutar salah seorang oknum Kepala Dusun Batubujur.

Kepada wartawan korban menceritakan bahwa pemungutan liar itu sesaat pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten labuhanbatu menyatakan bahwa KTP milik telah selesai di cetak dan diserahkan kepada perangkat desa untuk menyerahkannya kepada masyarakat. 

"Jadi setelah selesai di cetak KTP itu diserahkan kepada si Kadus, namun saat aku meminta KTP  nya si kadus bilang bayar 50.000 dan uang itu atas perintah dari Kepala desa" jelasnya.

"Sehingga saya meminta kepada pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui dinas pemberdayaan masyarakat desa (PMD) Kabupaten Labuhanbatu agar sigap dalam memproses kepala desa (kades) Desa Janji Kecamatan Bilah Berat tersebut," ujarnya. 

"Untuk warga Desa Kecamatan Bilah Barat saya mengingatkan jangan takut sama kepala desa (kades) atau pun perangkat desa yang bekerja tidak sesuai dengan aturan dan ketentuan maka laporkan saja kepada dinas yang terkait atau pejabat dari Kecamatan, dan jangan mau memilih kepala desa (kades) yang tidak mementingkan kebutuhan warga desanya," tutup Buyung. (Paris)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size