Skip to main content
Kepala DPMD Akan Panggil Kades Janji
Kepala DPMD Akan Panggil Kades Janji

Dugaan Pungli KTP, Kepala DPMD Akan Panggil Kades Janji

Labuhanbatu, Tuntasonline.com - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) akan memanggil kepala desa janji Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu yakni Zahri Hasibuan terkait dugaan pungli pembuatan kartu tanda penduduk (KTP) kepada warga nya, pada hari kamis (26/12/2019) demikian dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) Zaid Harahap di Ruang kerja nya Jalan Gose Gautama Rantau Prapat Rabu (23/12/2019).

"Kita akan panggil kepala desa itu untuk memastikan apakah benar dia (kepala desa) melakukan dugaan pungutan liar (pungli) dalam pengambilan kartu tanda penduduk (KTP) melalui Kepala Dusun (Kadus) terhadap warganya," kata Kepala Dinas PMD.

Zaid Harahap menambahkan, apabila terbukti melakukan pungutan liar (pungli) kita akan memberikan sanksi yang tegas kepada kepala desa tersebut yaitu teguran lisan oleh camat kerena itu sudah di letigasi camat. 

"Karena teguran lisan merupakan tahap awal didalam sangsi apabila yang bersangkutan terbukti melakukan pungutan liar (pungli) sebelum pemberhentian sementara apabila kembali terbukti melakukan perbuatannya," ucap Zaid.

Zaid juga menghimbau kepada kepala desa atau pun perangkat Desa se-Kabupaten Labuhanbatu "Bekerja lah sesuai dengan aturan ketentuan kalau ada aturan ketentuan nya kerjakan tapi kalau tidak ada aturan dan ketentuan nya jangan di kerjakan dan kalau ada larangan nya jangan juga di kerjakan, bekerja lah sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ada.

Ditempat terpisah, Ketua Singa Pers Labuhanbatu Ir, Syafrizal (Buyung) meminta kepada Kapala dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Labuhanbatu Zaid Harahap agar serius dan mengupas tuntas secara transparansi dalam menindak lanjuti dan memanggil kepala desa Janji Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu tersebut terkait dugaan pungutan liar (Pungli) dalam pengambilan Kartu Tanda Penduduk (KTP) melalui kepala dusun (Kadus).

"Buat masyarakat desa jangan mau di bodoh bodohi oleh kepala desa maupun perangkat desa dalam segi apapun kalau memang ada dugaan pungli yang di lakukan mereka maka laporkan aja kepihak yang berwajib," kata Buyung.

"Karena menurut Buyung Pungutan Liar (Pungli) merupakan perbuatan yang salah dan salah satu di antara perbuatan pidana," tandasnya. (Paris)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size