Skip to main content
BPBD Gelar Pelatihan Rehabilitasi Mental
BPBD Gelar Pelatihan Rehabilitasi Mental

BPBD Gelar Pelatihan Rehabilitasi Mental

Kota Bengkulu, Tuntasonline.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu, melakukan pelatihan tentang rehabilitasi mental masyarakat terdampak bencana tahun 2019, di Hotel Gading pada Kamis (12/12/2019). 

Dalam sambutannya, Walikota Bengkulu, menerangkan kegiatan pelatihan yang di lakukan BPBD Kota Bengkulu ini menciptakan mental masyarakat terdampak bencana. Pelatihan ini di ikuti 100 peserta dari 14 kelurahan. 

"Pelatihan ini menciptakan volunteer terhadap masyarakat yang tanggap bencana pasca terjadinya bencana kemarin," ungkap Helmi Hasan. Kamis (12/12/2019) 

Senopati SH, Ketua BPBD Kota Bengkulu mengatakan Bahwa Bengkulu saat Peristiwa banjir yang menyebabkan traumatik membuat para korban rentan terkena gangguan Stres Pasca-Trauma. Pemulihan trauma (trauma healing) pun jadi solusi. Ia menerangkan, gangguan kejiwaan pasca-bencana adalah hal lazim di tengah bencana dan sesudahnya.

"Intervensi dibutuhkan apabila stres tak kunjung lenyap ketika bencana sudah berlalu. Misalnya dengan pemulihan trauma, atau populer disebut trauma healing," ungkapnya.

Dengan demikian, kata Senopati SH, dengan pelatihan ini kedepannya kita dapat menciptakan volunteer di tengah-tengah masyakat melalui koordinasi dengan camat dan kelurahan. 

"Volunteer ini nantinya, ketika Bengkulu dihadapkan dengan bencana kembali kita sudah menciptakan volunteer yang cepat tanggap. Secara langsung bisa menangani trauma healing kepada masyarakat yang terkena bencana," tutupnya (CW4)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size