Skip to main content
BKSDA dan Aparat Bongkar Paksa Bangunan di Sekitar TWA
BKSDA dan Aparat Bongkar Paksa Bangunan di Sekitar TWA

BKSDA dan Aparat Bongkar Paksa Bangunan di Sekitar TWA

Bengkulu, Tuntasonline.com - Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Bengkulu bersama unsur aparat membongkar rumah dan bangunan warga yang berada di Tanah Kawasan Hutan Konservasi TWA Pantai Panjang - Pulau Baai, di Jl. Citandui, Kelurahan Muara Dua, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu, Kamis (5/12/2019).

Pembongkaran ini dipicu lantaran bangunan dan rumah warga yang dibangun, berdiri di atas Tanah Kawasan Hutan Konservasi Taman Wisata Alam (TWA). Yang mana di Kawasan tersebut tidak diperbolehkan untuk mendirikan bangunan. 

Sebelum dilakukannya pembongkaran, pihak BKSDA sempat melayangkan surat edaran untuk mengosongkan semua bangunan yang berdiri di Kawasan TWA sebelum pihaknya melakukan pembongkaran secara paksa.

Kepala BKSDA Provinsi Bengkulu Donal Hutasoit mengatakan, sebelumnya pihaknya telah melayangkan surat pemberitahuan kepada warga setempat.

"Beberapa waktu lalu, kami telah melayangkan surat pemberitahuan Kepada masyarakat setempat untuk mengosongkan bangunan yang Ada di Kawasan TWA ini, " ujar Donal. 

Donal juga menambahkan bahwa dari dulu, Kawasan ini merupakan hutan belantara dan tidak boleh mendirikan bangunan. 

“Ini dulu semua hutan belantara, memang ini khusus kawasan untuk perhutanan, dan tidak boleh mendirikan bangunan disini,” tegas Donal.

Menurut pantauan dari media Tuntasonline.com, hingga hari ini kurang lebih 5 rumah sudah di bongkar dan beberapa warga meminta tenggang waktu untuk melakukan pembongkaran sendiri dan mengeluarkan barang-barang yang ada didalam rumahnya. 

Dilansir sebelumnya, beberapa waktu lalu BKSDA juga telah melakukan pensterilan di sekitar Kawasan Lapangan.

Pembongkaran ini dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan Nomor 420/Kpts-II/1999 tanggal 15 Juni 1999 Tentang Penunjukkan Kawasan Hutan Wilayah Provinsi Daerah Tingkat 1 Bengkulu. (Riadi,S).

Facebook comments

Adsense Google Auto Size