Skip to main content
Bupati Karo bersama Putri Almarhum resmi Launching  Buku Biografi Nerus Ginting di Pendopo Rumah Dinas Bupati Jalan Veteran Kabanjahe
Bupati Karo bersama Putri Almarhum resmi Launching  Buku Biografi Nerus Ginting di Pendopo Rumah Dinas Bupati Jalan Veteran Kabanjahe

Bupati Karo Launching Buku Nerus Ginting

Karo,Tuntasonline.Com - Biografi pejuang perintis kemerdekaan Nerus Ginting Suka secara resmi dilaunching oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karo, Kecamatan Kabanjahe, Kamis (28/11).

Berikut penjelasan singkat Anna Br Ginting SH dan Dra Ingansip Br Ginting selaku Putri Nerus Ginting bahwa almarhum senang dengan orang-orang cerdas, berani dan jujur tapi benci dengan sifat pengecut.

Lanjutnya, almarhum lahir tahun 1897 dan wafat 12 Maret 1955 di Jakarta pada usia 57 Tahun. Almarhum pernah menjadi anggota parlemen tahun 1950 dan pada pemilihan calon Presiden 14 Oktober 1950 almarhum ikut bersaing dengan Drs Moh. Hatta, Ki Hajar Dewantara, Sjahrir, Mr Mohd Jamin.

Awal perjuangan Nerus Ginting Suka dimulai sekitar tahun1920 menjadi anggota PNI Medan. Selanjutnya tahun 1925 mendirikan Surat kabar "Senjata Batak". Satu tahun kemudian Pemerintah Belanda menangkap almarhum bersama adiknya Nolong Ginting dengan tuduhan sebagai propagandis dan menentang Belanda lalu mengasingkannya ke Tanah Merah (Boben Digul) Papua.

"Dasar inilah Kami berharap, kiranya apa yang sudah almarhum dan generasinya lakukan bisa menjadi inspirasi dan pendorong dalam mengisi Kemerdekaan, Urai Dra.Ingansip Br Ginting," ujarnya. 

Lebih lanjut dikatakannya  pada Tahun 1959, almarhum ayah kami (Nerus Ginting -red) ditetapkan sebagai Perintis Kemerdekaan RI dengan Surat Keputusan Presiden dari Menteri Sosial RI Nomor. Pol 79/PK, Tanggal 14-3-1959.

Berdasarkan dari berbagai Sumber yang kami temui sehingga kami rangkum menjadi sebuah Buku Biografi Nerus Ginting, kata kedua Beru Ginting ini mengakhiri.

Sementara itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH secara singkat menyampaikan Apresiasi yang luar biasa atas Peluncuran Buku Biografi Nerus Ginting yang di prakarsai oleh Dispora kab. Karo Robert Billy Perangin angin bekerja sama dengan Putri Almarhum sehingga acara ini berjalan lancar dan sukses.

"Saya harapkan Buku ini dapat di masukkan ke Perpustakaan Pemkab Karo sehinga para pelajar khususnya dapat mengetahui  sejarah perjuangan Putra Karo ikut bagian dalam merebut kemerdekaan RI, dan terkait peluncuran Buku Biografi ini saya atas nama Bupati Karo ingin mengusulkan Nerus Ginting sebagai Pahlawan Nasional. Pahlawan yang bukan mengandalkan senjata perang tapi semangat patriotisme melawan penjajah," urai Terkelin Brahmana mengakhiri.

Tampak Hadir pada acara tersebut, mantan Bupati Karo DD Sinulingga, Staf Ahli Bupati, Drs Agustin Pandia Msi, Kadispora Robert Billy Perangin angin, Kadis Sosial Benyamin Sukatendel, Anggota DPRD Karo Pujiati br Ginting, Para Pejuang LVRI, Tokoh OKP,  dan kalangan Insans Pers.(RT)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size