Skip to main content
BEI Buka Peluang UKM untuk Go Public
BEI Buka Peluang UKM untuk Go Public

BEI Buka Peluang UKM Untuk Go Public

Bengkulu, Tuntasonline.com - Bursa Efek Indonesia membuka peluang untuk  perusahaan-perusahaan skala kecil dan menengah untuk terdaftar di bursa dan melakukan Go Public.

Kepala BEI Perwakilan Bengkulu, Bayu Saputra menuturkan, BEI pada dasarnya ingin mendorong sebanyak mungkin perusahaan dapat masuk ke pasar modal. Tidak terkecuali perusahaan skala kecil dan menengah atau UKM juga dapat masuk di bursa.

"Tidak hanya perusahaan berskala besar, UKM juga akan kita dorong untuk Go Public," ungkap Bayu Saputra, Rabu (17/11/2019).

Dikatakannya, pihaknya akan melakukan pendekatan kepada perusahaan UKM. Hal tersebut dikarenakan jumlah UKM sangat banyak dan masih sangat potensial.

Disisi lain, perusahaan-perusahaan tersebut juga paling membutuhkan dana segar untuk mengembangkan kapasitas bisnisnya.

"Jumlah UKM di Bengkulu sendiri saat ini mencapai 42 ribu lebih, mereka yang potensial saya rasa bisa melantai di Bursa," pungkasnya.

Selain itu, regulasi bagi pencatatan saham calon emiten UKM juga sudah siap sejak 2017 lalu, sehingga saat ini merupakan momentum untuk mendorong kelompok perusahaan ini masuk bursa. 

Regulasi yang dimaksud yakni POJK 53/POJK.04/2017 tentang Pernyataan Pendaftaran dalam Rangka Penawaran Umum dan Penambahan Modal dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu oleh Emiten dengan Aset Skala Kecil atau Emiten dengan Aset Skala Menengah.

Regulasi lainnya yakni POJK 54/POJK.04/2017 yang secara khusus mengatur tentang bentuk dan isi prospektusnya. Kedua aturan ini sudah terbit sejak 2017 lalu. Dalam POJK tersebut, perusahaan kategori kecil adalah yang memiliki total aset kurang dari Rp50 miliar, sedangkan kategori menengah memiliki total aset antara Rp50 miliar hingga Rp250 miliar. (Maris)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size