Skip to main content
Bupati karo Terkelin Brahmana sebagai saksi dalam serah terima kepengurusan Emaka Ban dari pengurus lama (Agustin Pandia) kepada pengurus baru  (vespa Conggo S Meliala) di Gedung Kenanga Medan
Bupati karo Terkelin Brahmana sebagai saksi dalam serah terima kepengurusan Emaka Ban dari pengurus lama (Agustin Pandia) kepada pengurus baru  (vespa Conggo S Meliala) di Gedung Kenanga Medan

Emaka Ban Komitmen Dukung Bupati Karo

Karo,Tuntasonline Com - Komunitas eks mahasiswa Bandung Suku Karo, yang tergabung dalam wadah Emaka Ban periode  2017-2019  yang dipimpin oleh Agustin Pandia, resmi diserahkan kepada pengurus baru yang diketua oleh Vespa Conggo S Meliala. Emaka Ban juga berkomitmen mendukung Bupati Karo.

Pergantian kepengurusan ini, sesuai hasil musyawarah dan mufatkat komunitas Emaka Ban saat melaksanakan rapat di kepulauan seribu, Teluk Jakarta tanggal 10-11 Oktober 2019.

Hal ini dikatakan Agustin Pandia  selaku pengurus lama disela sela menyerahkan tugas dan tanggung jawab kepada pengurus baru Emaka Ban Vespa Conggo Meliala , Minggu (10/11) pukul 20.00 wib di Restoran gedung Kenanga  Medan 

Menurut Agustin, pengalihan pengurus lama kepada pengurus baru, agar Emaka Ban menjadi  perubahan hal ini dilakukan agar wadah Emaka Ban  lebih prima tampil dan bertanggung jawab untuk kemajuan di Tanah Karo, iya skopnya dari komunitas Eks Mahasiswa Bandung yang selama ini diakuinya sudah ada terbentuk. 

Namun demikian dirinya mengaku wadah Emaka Ban ini sepenuhnya belum berjalan dengan baik dalam menjalankan program visi misi, inilah estafet kepengurusan ini perlu Restorasi (perubahan) demi Emaka Ban menjadi Organisasi yang kinakaron dalam  budaya Karo memperjuangkan kemajuan untuk Tanah Karo simalem. 

"Ini sebenarnya agenda utama, sehingga pengurus lama dan pengurus baru hadir dalam serah terima tugas dan tanggung jawab, dengan disaksikan perwakilan selaku  penasehat Emaka Ban, oleh Bupati karo Terkelin Brahmana," kata Agustin Pandia.

Hal senada dikatakan  ketua pengurus Emaka Ban yang baru Vespa Conggo S. Meliala, membenarkan bahwa kepengurusan lama akhirnya telah Dirombak dan sudah ada pengurusan baru. 

"Malam ini akan saya terima selaku ketua pengurusan baru, setelah nantinya pihak pengurus lama dengan dirinya menandatangani sebuah buku memoriam yang berisikan nama nama pengurus yang baru, dihadapan penasehat yaitu Bupati karo Terkelin Brahmana," kata Vespa Conggo

Dalam kepengurusan baru ini,  terdiri dari  Ketua, sekretaris dan Bendahara, secara umum, lalu ada kordinator Sejabotabek, kordinator Bandung, Kordinator Medan, Kordinator Tanah Karo. 

Kata Vespa Conggo, setelah dirinya menerima mandat selaku Ketua baru, Ia memastikan Emaka Ban akan mendukung kemajuan Tanah Karo, sekaligus memberikan program - program Kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana, hal ini membuat kami Emka Ban mengundang  beliau (Terkelin Brahmana) dan sekaligus eks mahasiswa Bandung.

"Atas nama Emaka Ban, kami ucapkan terimakasih setinggi tingginya, dimana Bupati karo Terkelin Brahmana telah menyempatkan dan meluangkan waktunya walaupun sedang sibuk, dapat hadir malam ini. Sekali lagi Emaka Ban mengapresiasi," imbuhnya.

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana, mengatakan sangat senang dan gembira dapat ketemu dengan eks mahasiswa yang menurutnya sudah lama tidak bertemu lagi. 

"Dan saat ini, saya merasakan dan sempat membayangkan masa kuliah di bandung, malam ini bertemu dengan situasi usia sidha tua bukan muda lagi," katanya 

Lebih lanjut Terkelin Brahmana mengatakan wadah Emaka Ban ini sangat ia sukai, karena  berbasis Kinikaron dalam budaya karo merupakan ada upaya membentuk rasa kecintaan terhadap Suku Karo yang terdiri dari beragam segi, seperti seni, budaya, dan adat istiadat serta kearifan lokal. 

Selain itu Kinikaron juga merupakan suatu upaya untuk membantu program program untuk tanah karo, bahkan memperkenalkan keberadaan Suku Karo, kepada masyarakat luas eksternal/ke luar masyarakat Karo. 

Menurut Terkelin, kedepan saya berharap kiranya kepengurusan yang baru membuat AD /ART  dan dirinya siap menyambut kedatangan kepengurusan yang baru ke Pemda Karo, guna bersilaturahmi dan berkolaborasi dalam membangun Tanah Karo, kita siap dan menerima masukan dan saran, bahkan kritikan demi kebaikan pemda karo  kita juga siap peduli agar ada perubahan. (Rekro Trgn)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size