Skip to main content
Kepala Perwakilan Ombudsman Bengkulu Herdi Puryanto
Kepala Perwakilan Ombudsman Bengkulu Herdi Puryanto

Masalah Pendidikan, Ini "Trend" Pengaduan di Ombudsman

Bengkulu, Tuntasonline.com - Kepala Perwakilan Ombudsman Bengkulu, Herdi Puryanto mengungkapkan pihaknya tengah membangun sinergitas dengan institusi pendidikan Bengkulu. Mengingat bidang pendidikan sangat kompleks terkait yang paling banyak ditemukan itu terkait anggaran. Hal tersebut guna mencegah terjadinya pengaduan berulang seperti sebelumnya. 

"Saya lihat trend-nya berulang seperti itu menjelang tahun ajaran baru. Misalnya menjelang dilaksanakannya ujian atau evaluasi akhir siswa dilarang ikut karena belum menyelesaikan kewajiban administratif. Nah itu pengaduan keluhan yang banyak kita terima," ungkap Herdi Puryanto.

Lanjut Herdi, pihaknya membangun pola komunikasi dengan institusi yang leading dengan hal itu, salah satunya dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota. 

Untuk SMA SMK kan wilayah koordinasinya di wilayah  Dinas pendidikan provinsi. Sedangkan untuk Dinas Pendidikan kabupaten/Kota terkait koordinasi untuk sekolah dasar dan SMP. 

"Kita mencoba membangun komunikasi agar mekanisme mekanisme penyelesaian bisa di tataran penyelenggaranya dulu," pungkasnya. 

Terkait cara pemecahan permasalahan tersebut, Herdi mengungkapkan salah satu alternatifnya. Misalnya apakah nanti akan dipanggil untuk di mediasi, apakah nanti pengawas sekolah nya akan turun. Hal seperti itu yang akan terus didorong untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat. 

"Nah ini yang menjadi permasalahan, bidang pendidikan ini sangat kompleks terkait yang paling banyak ditemukan itu terkait anggaran. Nah idealnya anggaran pendidikan itu memang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat maupun daerah," tutup Herdi. (Maris)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size