Skip to main content
T
Tampak Sekda Mesuji Berfoto Bersama Usai Membuka Seminar

Pj Sekda Buka Seminar Pelestarian Lingkungan

Mesuji, Tuntasonline.Com - Pj Sekretaris Daerah Drs. Indra Kusuma Wijaya, M.M. mewakali Plt Bupati Mesuji membuka Seminar tentang Pelestarian Lingkungan Pengelolaan dan Pengolahan Sampah Tahun 2019 bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Puri Husadatama sekaligus penanaman Benih Pohon Matoa dan Pohon Alpukat bersama Wakil Ketua TP-PKK dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Mesuji, di Tempat Pembuangan Akhir Sampah Desa Margo Rahayu, Kec. Simpang Pematang, Rabu (21/08/2019).

Membuka Kegiatan Pj Sekretaris Daerah Drs. Indra Kusuma Wijaya, M.M.saya ucapkan selamat datang kepada para peserta seminar pelestarian lingkungan dengan tema Melestarikan dan Menghijaukan  Lingkungan Hidup dengan Memilah dan Memanfaatkan Sampah Rumah Tangga.

Dewasa ini, masalah lingkungan telah menjadi isu global, bukan hanya lokal atau nasional. Isu pelestarian lingkungan semakin meningkat seiring dengan ancaman pemanasan global yang selalu menjadi topik pembicaraan di tingkat pemimpin dunia.

"Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Mesuji mengapresiasi dan sangat mendukung terselenggaranya kegiatan seminar ini sebagai bentuk kepedulian nyata melalui kerjasama dan sinergi yang baik antara Pemerintah Daerah dan swasta dalam rangka upaya pelestarian lingkungan," ucapnya.

 

Berlanjut iya juga mengatakan Kegiatan seminar pelestarian lingkungan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat di Kabupaten Mesuji bagaimana  menciptakan kondisi yang baik bagi lingkungan sekitar, terutama masalah pengelolaan dan pengolahan sampah. Bagaimana menjadikan lingkungan sekitar kita menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga masyarakat di Kabupaten Mesuji, sehingga di kemudian hari, masyarakat dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan di sekitarnya dalam rangka mendukung pembangunan yang berkelanjutan di Kabupaten Mesuji.

Untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya kita harus memahami prinsip pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup di mana prinsip tersebut adalah yang pertama Partisipatif artinya komunitas atau kelompok di lingkungan setempat harus terlibat dalam manajemen lingkungan yang bersih, sehat, dan indah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sesuai tanggung jawab dan peran di masyarakat.

Selanjutnya, prinsip kedua berkelanjutan, yakni seluruh upaya yang dilakukan oleh seluruh kelompok masyarakat harus dilakukan secara terencana dan terus-menerus secara komprehensif sehingga perilaku dan kesadaran masyarakat terhadap kepedulian lingkungan akan senantiasa tertanam dengan baik. Jadi, bukan hanya sebatas seremonial atau perlombaan saja.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka diperlukan usaha dan komitmen kita bersama, terkhusus kepada dinas yang terkait tentunya memiliki peran sentral yang diharapkan mampu memberikan bantuan, pembinaan, arahan, serta bimbingan secara berkesinambungan melalui berbagai kegiatan yang bersifat edukasi maupun kegiatan nyata lainnya yang mendukung pelestarian lingkungan, tutupnya.(Her) 

Facebook comments

Adsense Google Auto Size