Skip to main content
Air Bersih Sudah Lancar ke Puskesmas Berastagi
Air Bersih Sudah Lancar ke Puskesmas Berastagi

Air Bersih Sudah Lancar ke Puskesmas Berastagi

Karo, TuntasOnline.Com - Kekurangan air bersih yang selama ini di keluhkan pasien dan pegawai di Puskesmas Berastagi sudah bisa menikmati air bersih setelah di tinjau langsung oleh Kepala PDAM Tirtanadi cabang Berastagi Taufik Siregar, Rabu (10/07).

Hal tersebut di katakan kepala PDAM Tirtanadi cab Berastagi Taufik Siregar mengatakan Keluhan pegawai  puskesmas kecamatan Berastagi kabupaten karo telah dapat diatasi.

Puskesmas merupakan pelayanan kesehatan masyarakat pedesaan yang selama ini sangat membutuhkan air bersih untuk melayani masyarakat dan merupakan salah satu pelanggan PDAM Tirtanadi.  Beberapa hari ini mengeluhkan penyaluran air bersih dari PDAM ke puskesmas tidak lancar.

Setelah di konfirmasi dengan kepala cabang di kantornya,  ternyata pelayanan PDAM saat ini memang belum maksimal 24 jam,  hal ini karena sumber air yang di produksi belum memenuhi kebutuhan pelanggan yang saat ini berjumlah lebih dari 7 ribu pelanggan, ungkap Ahmad Taufik Siregar. 

Setelah di lakukan Cross chek di Puskesmas tersebut, Rabu 10/07/19, bersama awak media,  memang benar puskesmas tersebut mempunyai bak penampung dan airnya tidak jalan, tetapi penempatan  bak tersebut belum memenuhi standar, karena menurut salah satu petugas yang menjaga pendistribusian air, seorang ibu,  mengatakan bahwa selama ini dia kurang memperhatikan kondisi tangki penampung tersebut, karena keberadaan tangki tersebut diatas dan selama ini dia juga merasa enggan untuk melapor kekantor PDAM yang hanya berjarak puluhan meter dari puskesmas apa bila terjadi kekurangan air. 

Saat ini air bersih yang selama ini di keluhkan pasien dan pegawai puskesmas Berastagi sudah bisa dinikmati, setelah di tinjau langsung dan mendapat arahan  untuk sistem penampungan oleh Kepala Cabang PDAM Tirtanadi Ahmad Taufik Siregar.

Sementara salah Satu Staf Puskesmas Berastagi ketika di jumpai awak media  mengatakan, memang air ke Puskesmas ini sering kali tidak jalan, kadang - kadang hampir setiap hari tidak jalan airnya, bahkan air bak itu pun sempat kering. Ketika ditanyakan perihal  sudah berapa lama airnya tidak jalan, pegawai tersebut menjawab.

"Kalau masalah lamanya jalan atau tidak air ini, saya tidak ingat. Pokoknya sering kali mati air kami ini," katanya sambil melihat ke arah Toliet puskesmas tersebut.

Di tempat yang sama salah satu pasien puskesmas tersebut yang bernama Ena Karo-karo mengatakan, "Saya ke kamar mandi tadi, saya lihat hidupnya airnya, tapi kalo selama ini tersendat saya tidak tau juga, tadi  saya liat airnya  jalan kok, bahkan kelihatan deras airnya," katanya.

"Yah kalau bisa, untuk pengaliran air ke puskesmas ini janganlah di kurang-kurangi, kan pemakaian air di sini sangatlah banyak. Apa lagi Puskesmas Berastagi ini pasiennya pun cukup banyak. Apa lagi puskesmas di kota wisata begini, kan malu nanti kita kalau ada tamu wisata yang mau berobat ke puskesmas ini kalau pasien mau ke ke toilet airnya pun mati-mati," katanya. (Rekro Trgn)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size