Skip to main content
 Pengamat Politik Bengkulu Dr. Mesterjon, S. Kom, M. Kom
Pengamat Politik Bengkulu Dr. Mesterjon, S. Kom, M. Kom

Tanggapan Pengamat Politik Pasca Putusan MK

Bengkulu, Tuntasonline.com - Pemilu Presiden 2019 menjadi pemilu yang cukup panjang dalam sejarah, pasalnya keputusan semakin alot mengingat hasil pemilu yang menuai pro kontra ditengah masyarakat.

Putusan Mahkamah konstitusi (MK) adalah suatu kesatuan rengkaian proses Pemilu sehingga ketika ada satu pihak yang tidak sepakat, maka itu sudah wajar dalam pemilu. 


Pengamat Politik Bengkulu Dr. Mesterjon, S. Kom, M. Kom mengatakan bahwa MK sudah memutuskan dan sudah disaksikan oleh seluruh Indonesia sehingga itu sudah menjadi keputusan yang mengikat dan final.


"Apakah ada dampaknya terhadap sosial politik? iya, karena setiap keputusan politik akan berdampak kepada kehidupan sosial.  Dampak secara khusus adalah akan ada perubahan dalam tataran menteri untuk semakin memerkuat posisi pemerintah," ungkap Mesterjon.


Ia menambahkan Pemerintah dalam menjalankan fungsinya,  juga memerlukan kontrol sosial dari pihak oposisi, sehingga tidak baik apabila seluruh partai berada di belakang pemerintah dan harus ada yang menjadi penyeimbang yang merupakan satu kesatuan dalam membangun bangsa.

"Kedua calon presiden yang ada ini sudah menunjukkan bahwa mereka ada tokoh yanh bermartabat dan keduanya tidak ada hal yang kurang atau lebih karena sudah sesuai dengan komposisi politik. Sehingga siapapun presidennya, itu sudah menjadi pilihan terbaik dari masyarakat," tambah dosen disalah satu perguruan tinggi di Bengkulu ini.

Sedangkan terkait rencana untuk mengajukan hasil putusan MK tersebut ke Mahkamah Internasional. Mesterjon mengatakan bahwa itu hak yang sah sah saja.

"Mahkamah Internasional itu lembaga yang menyelesaikan permasalahan lintas negara, namun jika pihak lawyer 02 memang melihat ada celah hukum yang bisa ditempuh sehingga sah-sah saja untuk diajukan keada Mahkamah Internasional," tutupnya.(Cw1)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size