Skip to main content
pelatihan pengelolaan homestay di hotel splash
Foto Bersama Pelatihan Pengelolaan Homestay di Hotel Splash

Pengelolaan Homestay yang Profesional Dapat Menarik Wisatawan 

Bengkulu, Tuntasonline.com -  Homestay merupakan tempat yang digunakan untuk menginap oleh para wisatawan yang disediakan oleh penduduk setempat. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Irsan Setiawan mengatakan homestay dapat dijadikan sebagai alternatif sekaligus menunjang untuk destinasi pariwisata di Bengkulu.

"Homestay ini sebagai alternatif seandainya kita kekurangan penginapan bagi wisata yang berkunjung. Melalui program inilah salah satu solusi yang kita tawarkan sehingga masyarakat dapat berperan. Kita harapkan masyarakat nanti dengan pelatihan ini dapat menyiapkan homestay dengan profesional, walaupun bukan kualitas berbintang yang disiapkan di wilayah sana, namun ada rasa kenyamanan bagi wisatawan untuk menikmati kawasan wisata di Bengkulu," ungkap Irsan Setiawan.

Ia menambahkan pihaknya mengajak masyarakat di sekitar destinasi wisata yang ada di Bengkulu untuk dapat membudayakan homestay. Oleh sebab itu pihak yang mengadakan pelatihan pengelolaan homestay di hotel splash pada 13-14 Juni 2019.

Irsan Setiawan juga menambahkan pihaknya terinspirasi dari provinsi Papua yang sangat terkenal dengan wisata Raja Ampat nya. di sana tidak ada hotel berbintang namun ramai dikunjungi masyarakat. Hal ini juga didukung oleh keterbukaan warga untuk menyediakan homestay homestay bagi para wisatawan.

"Misalnya di sekitar Pantai Laguna masyarakat masih ragu dengan kedatangan orang-orang yang ingin menginap di rumah mereka. dengan pelatihan inilah kami ingin menggerakkan hati mereka, ayo kita sama-sama mendukung destinasi wisata yang ada di Bengkulu. Seperti wisata Raja Ampat," tutupnya.

Pelatihan ini juga didukung oleh pemerintah provinsi Bengkulu, melalui sekretaris daerah Nopian Andusti mengharapkan bahwa dengan pelatihan tersebut dapat membuat pengelola homestay yang profesional.

"Pelatihan ini kita harapkan benar-benar dapat meningkatkan profesional mereka untuk mengelola homestay di Bengkulu. Cara ini salah satu faktor penunjang untuk mendukung sektor pariwisata sekaligus mendukung pembangunan pariwisata yang ada di Bengkulu. Saya melihat ada beberapa kawasan wisata yang tidak ada homestay atau tempat menginap," ucap Nopian Andusti.(Cw1)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size