Skip to main content
Y
Tampak Gunung Sinabung Erupsi Kembali

Gunung Sinabung Kembali Erupsi

Karo, Tuntasonline.com - Telah terjadi erupsi Gunung Sinabung Kabupaten Karo Sumatera Utara, Selasa (7/5/2019) pukul 06:41 WIB  kembali mengagetkan warga sekitar lingkar G Sinabung dengan tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 4.460 m di atas permukaan laut). 

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi ± 42 menit 49 detik.

Hujan abu masih berlangsung menyelimuti Tanah Karo bahkan abu vulkanik sampai ke kabupaten Simalungun.

Saat ini G. Sinabung berada pada Status Level IV (Awas) .
Masyarakat/pengunjung agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km untuk sektor Utara Barat, 4 km untuk sektor Selatan - Barat, dan dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan - Tenggara, didalam jarak 6 km untuk sektor Tenggara - Timur serta didalam jarak 4 km untuk sektor Utara Timur.

 Untuk itu Dansatgas Gunung Sinabung  Letkol Inf Taufik Rizal  yang juga Komandan Kodim 0205/TK menghimbau agar Masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar mewaspadai potensi banjir lahar terutama pada saat terjadi hujan lebat ,serta jangan memasuki zona Merah(red) terlebih radius 3 Km "jelas Taufik Rizal.(Rekro Tarigan)

ADS1

Facebook comments

Adsense Google Auto Size