Skip to main content
Peresmian
Peresmian Toko El-Jhon 2 Cabang Sawah Lebar. Ist

Sejarah Perjuangan Berdirinya El-Jhon 1 dan 2

Bengkulu, TuntasOnline.Com - Toko El-Jhon, nama toko yang satu ini mungkin tidak asing lagi di publik Kota Bengkulu. Perkembangan bisnis retail Toko El-Jhon ini tidak diragukan lagi, hal ini lantaran genjarnya perkembangannya yang tak kalah bersaing dengan mini market pada umumnya. Berikut sedikit cerita Sejarah berdirinya El-Jhon hingga El-Jhon 2.

Kisah Singkat Cinta Sang Perintis El-Jhon

Berdirinya El-Jhon, sebelumnya diawali dengan bertemunya dua insan manusia yang sebelumnya tak saling mengenal yaitu antara Hj. Fatimah dan H. Zainal Usman. Hj. Fatimah sendiri berasal dari Pariaman, Sumatera Barat, dan pada akhirnya Hj. Fatimah diajak ke Kota Bengkulu oleh sang Kakak yang memiliki usaha. Dan pada akhirnya, Hj. Fatimah diizinkan oleh Ibunya ke Kota Bengkulu bersama kakaknya.

Setiba di Kota Bengkulu Hj. Fatimah hidup bersama kakaknya dan saling membantu dalam membangun usaha yang telah dirintis kakaknya. Suatu ketika, terjadi perbincangan oleh Hj. Fatimah dan Kakaknya yang membahas status Hj. Fatimah yang masih lajang, dan Kakaknya menyarankan Hj. Fatimah untuk menikah dengan H. Zainal Usman yang merupakan karyawan dari Kakaknya di Kota Bengkulu, dalam penilaian sang Kakak, H. Zainal Usman dikenal sebagai orang yang baik, tekun, rajin, dan ulet. Terpaut usia 12 tahun, yang pada saat itu Hj. Fatimah yang berusia 20 tahun dan H. Zainal Usman yang berusia 32 tahun. Dengan penuh pertimbangan akhirnya, Hj. Fatimah dan H. Zainal Usman menikah dan membuka lembaran baru. 

Selama pernikahan mereka, mereka hidup dengan kebahagiaan yang ada dan pada suatu ketika Usaha kakak dari Hj. Fatimah bangkrut dan berdampak besar pada perubahan hidup mereka, akhirnya H. Zainal Usman memutar otak untuk dapat bertahan dengan segala keterbatasan, seminggu usai kebangkrutan kakak dari Hj. Fatimah, H. Zainal berhasil mendapatkan pekerjaan di Percetakan namun memiliki penghasilan yang tidak cukup untuk menunjang kehidupan. Namun Hj. Fatimah tetap memberikan semangat kepada suaminya H. Zainal untuk tetap berusaha. 

Berdirinya El-Jhon 1

Tahun 1972-an, El-Jhon dirintis sebagai usaha keluarga oleh  H. Zainal Usman dan Istrinya Hj. Fatimah disamping H. Zainal bekerja di Percetakan. Pada saat pertama kali dirintis H. Zainal dan Istri, El-Jhon hanya membuka usaha kecil-kecilan dengan gerobak yang disewa dan menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari seadanya di Jln. Soeprapto, Kota Bengkulu yang dulunya bernama Jln. Peramuan.

Berkat kegigihan, doa dan usaha H. Zainal dan Istri, El-Jhon mulai berkembang menjadi sebuah warung kecil sederhana, dan memasuki tahun 1975 hingga 1978 El-Jhon mulai dikenal di kalangan masyarakat Bengkulu karena mulainya aktif dan sibuknya Jl. Soeprapto hingga El-Jhon Sendiri menjadi toko grosir yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari. Hingga saat ini El-Jhon menjadi toko grosir dan eceran yang cukup dikenal masyarakat Kota Bengkulu. 

Nama El-Jhon sendiri merupakan gabungan dari dua nama anak H. Zainal Usman dan Hj. Fatimah yaitu anak pertama Jhon dan anak kedua El.

Berdirinya El-Jhon 2

Pada tahun 2011, melihat pesatnya perkembangan El-Jhon 1, menantu dari H. Zainal Usman dan Hj. Fatimah yaitu Syofyan Akmal, mencoba membangun kembali Brand El-Jhon 1 menjadi El-Jhon 2. Syofyan Akmal sendiri menikah dengan Yulia Elva yang merupakan Putri dari Perintid El-Jhon 1 dan dikaruniahi 2 orang Putra yaitu Muhammad Zaki Rafiqulian (Kelas 10 SMA 2 Kota Bengkulu) dan Muhammad Hafidz Rafiqulian (Kelas 7 SMP IT Iqra Kota Bengkulu). Mencoba membaca peluang pasar dengan merubah sedikit pola marketingnya yang sebelumnya hanya sekedar toko grosir bahan pokok dan dikembangkan lagi ke Bisnis Retail dengan menjual dan grosir dari beberapa  brand ternama dari kosmetik-kosmetik ternama. Nama El-Jhon 2 ini sendiri dimaksudkan lebih memberi warna kepada brand tanpa menghilangkan nilai historisnya, karena El-Jhon 1 adalah rintisan Mertua Syofyan Akmal. 

Syofyan sebelum fokus merintis usaha El-Jhon 2, Beliau pada tahun 1996-2002 pernah bekerja di PT. Sari Ayu Indonesia yang bergerak di bidang distribusi kosmetik. Berkecimpung dalam distribusi produk-produk unggulan dari PT. Sari Ayu yang sudah dikenal di Masyarakat melatih dirinya memahami serta membaca strategi persaingan pasar. Melihat peluang ini, Syofyan merasa terpanggil merintis dengan tekun bisnis ini dan alhasil berdirilah Toko El-Jhon 2 beberapa titik di Kota Bengkulu : 

  • Pagar Dewa Tahun 2011
  • Kelurahan Kandang Tahun 2013
  • Padang Harapan Tahun 2015
  • Universitas Bengkulu (UNIB) Belakang Tahun 2017
  • Sawah Lebar 2018 Lingkar Timur (Segera Launching).(ReTra) 

Narasumber : Hj. Fatimah dan Syofyan Akmal

Facebook comments

Adsense Google Auto Size