Skip to main content
Siapakah Wakil Gubernur Bengkulu
Siapakah Wakil Gubernur Bengkulu

Gubernur Definitif, Kursi Panas Menuju Wagub

Bengkulu, TuntasOnline.Com - Pelantikan Gubernur Definitif telah usai dilaksanakan, tapi sekarang yang menjadi perhatian bukan karena Bengkulu Memiliki Gubernur Definitif tapi Kursi Panas Siapa yang bakal menjadi Wakil Gubernur Bengkulu mendatang.

Untuk diketahui Hanya empat partai yang boleh mengajukan calon wakil Gubernur ke Gubernur Definitif nantinya tapi dari empat partai tersebut harus mengkrucut dua calon saja dan ketika sudah bulat menjadi dua Calon Gubernur Definitif mengajukan nama tersebut ke DPRD Provinsi untuk dilakukan Rapat Paripurna serta mengelar pemilihan secara Voting mencari suara terbanyak siapa yang bakal ditunjuk oleh Anggota DPRD Provinsi Bengkulu untuk menjadi Wakil Gubernur mendampingi Gubernur Bengkulu Definitif.

Empat Partai yang boleh mengajukan nama-nama kadernya untuk dicalonkan menjadi Wakil Gubernur yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Hanura, PKPI, dan Nasdem.

Besar Kemungkinan yang bakal maju sebagai Calon wakil Gubernur Bengkulu yakni Muslihan DS dari Partai Hanura, Ferry Ramli yang juga Bupati Bengkulu Tengah Sekarang menjabat Ketua DPW Nasdem dan Untuk Partai Kebangkitan Bangsa serta PKPI belum muncul Figur atau sosok yang bakal ikut serta meramaikan bursa wagub dikarenakan Ketua Partai masing-masing mencalonkan diri di Pemilihan Legeslatif 2019 mendatang dan Tidak bisa mundur karena bertentangan PKPU.

Kendati kedua calon Wagub ini berpeluang namun bukan berarti petarungan itu bakal terjadi diantara keduanya. Pasalnya, potensi adanya 'penumpang gelap' atau calon lain yang bukan kader partai pengusung yang siap menyalip melalui partai PKPI dan PKB akan tersaji untuk diusung Rohidin.

Lantas siapakah sosok 'penumpang gelap' tersebut ? 

Beberapa nama yang diperkirakan bakal meramaikan petarungan perebutan kursi Wagup Bengkulu mencuat antara lain, sosok Patrice Rio Capella yang saat ini tidak mencalonkan diri sebagai Calon Legeslatif diperkirakan siap maju. Lalu, Dinmar Najamudin adik kandung mantan Gubernur Bengkulu Periode 2011-2016 Agusrin Najamudin berpotensi ikut mencalonkan diri. Dan Dian Syakhroza yang juga pernah mencalonkan diri menjadi Walikota Bengkulu. 

Figur Rio, Dinmar, dan Dian di Provinsi Bengkulu terbilang cukup dikenal masyarakat. Rio mantan Sekjen Nasdem pusat sedangkan Dinmar sosok pengusaha sekaligus adik mantan Gubernur. Sedangkan Dian mantan Anggota DPR RI Fraksi Demokrat periode 2009-2014 diprediksi akan siap memanaskan bursa Wakil Gubernur Bengkulu.

Kini tinggal kekuatan lobi-lobi para calon yang siap mendamping Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. Baik lobi ditingkat partai dan di legislatif. Sebab nama yang diusung oleh Rohidin nantinya akan disodorkan ke DPRD Provinsi melalui voting.(ReTra)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size