Skip to main content
Ilustrasi CPNS
Ilustrasi CPNS

Sekdaprov Tak Persoalkan Jika Pemkot Tunda Tes CPNS

Bengkulu, TuntasOnline.Com - Terkait pemberitaan sebelumnya tentang Pemerintah Kota Bengkulu yang menunda tes CPNS di Kota Bengkulu ditanggapi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu yang juga selaku Ketua Panitia Tes CPNS di Provinsi Bengkulu. 

Ditemui usai menghadiri Sharing dan Ngobrol Santai bersama Rekan Media di Laurent Resto Bengkulu pada Selasa Siang (02/10), Nopian tidak mempermasalahkan persoalan Pemerintah Kota Bengkulu yang menunda tes CPNS karena itu merupakan otonomi dari Kota yang merupakan luar dari wewenang Pemerintah Provinsi Bengkulu. 

"Itu urusan kota, itu otonomi Kota diluar urusan kita tidak bagian dari Provinsi. Provinsi ya Provinsi, Kabupaten ya Kabupaten, Kota ya Kota, silahkan itu urusan mereka" pungkas Nopian. 

Sebelumnya, WaliKota Bengkulu Secara resmi telah mengirim Surat kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) untuk menunda seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dilingkungan Pemerintah Kota Bengkulu, dikarenakan ingin memaksimalkan Aparatur Sipil Negara yang sudah ada dan mengutamakan Program Pro Rakyat

Kegiatan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang sudah dibuka mulai 19 September lalu sangat ditunggu oleh masyarakat Indonesia, Bahkan Kota Bengkulu sempat mengeluarkan formasi CPNS yang dibutuhkan Pemerintah Kota Bengkulu yang tentunya disambut baik masyarakat.

Pantauan Media TuntasOnline.Com Walikota Bengkulu mengirim surat kepada Menpan-RB terkait penundaan seleksi penerimaan CPNS di lingkungan Kota Bengkulu. Surat dengan nomor 800/2257/BKPP/2018 ini menyatakan bahwasanya Pemerintah Kota Bengkulu belum membutuhkan tenaga ASN dikarenakan Kota Bengkulu sudah memiliki Cukup pegawai. Berikut hal-hal yang disampaikan Walikota kepada Menpan-RB :

1. Bahwa Pemerintah Kota Bengkulu menunda pelaksanaan Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun anggaran 2018 dikarenakan Rasio pegawai Lingkungan Kota Bengkulu masih cukup dan banyaknya Pegawai Negeri Sipil yang Pindah Masuk.


2. Bahwa beban Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Bengkulu untuk belanja pegawai mencapai 55% dari beban total APBD, hal inu memberatkan bagi Pemerintah Kota Bengkulu.

3. Bahwa daya dukung dana untuk melaksanakan seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun anggaran 2018 tidak mencukupi.

4. Bahwa berkenaan dengan point 1 sampai dengan 3 sebagaimana tersebut diatas, kami mohon untuk penundaan pelaksanaan Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2018 di Lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu.(ReTra) 

 

Facebook comments

Adsense Google Auto Size