Skip to main content
Pulau Pandang (foto : ist)
Pulau Pandang (foto : Ist)

2 Kali Gagal Tender, Proyek Dermaga Pulau Pandang Bakal Ditunjuk Langsung

BatuBara, Tuntasonline.com - Pemkab Batu Bara bakal melakukan pembangunan proyek Dermaga Pulau Pandang, Kecamatan Tanjung Tiram dengan anggaran senilai Rp. 7,6 Milyar. Proyek ini akan dilakukan penunjukan langsung setelah beberapa kali gagal dalam tahapan pelelangan.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Unit Kerja Pengadan Baran dan Jasa (UKPBJ) Kabupaten Batu Bara, Abdu Zahrul saat diwawancarai di Kantor UKPBJ Batu Bara, Kecamatan Lima Puluh, Kamis (30/6/2022).

Zahrul menyebutkan, kebijakan penujukan langsung dilakukan atas dasar Peraturan Presiden (Perpres) serta surat rekomendasi penunjukan langsung dari Dinas terkait.

"Setelah 2 kali gagal lelang, maka akan dilakukan penunjukan langsung. Hal ini mengacu pada Perpres No 12 Tahun 2021 serta surat rekomendasi dari Pengguna Anggaran," ujarnya.

Zahrul juga tidak memberikan begitu banyak pernyataan soal penyebab gagalnya lelang. Ia menjawab secara sederhana."Proses lelang batal karena peserta
tidak memenuhi syarat," ungkap Zahrul yang juga Plt Bappeda Batu Bara.

Sampai saat ini, terangnya, penunjukan langsung masih dalam proses dan mekanisme.

"Bukan langsung ditunjuk begitu saja, pasti melalui evaluasi. Proses penunjukan sedang berjalan, penetapan belum ada," tandasnya.

Dilansir dari laman resmi lpse.batubarakab.go.id, pembangunan Dermaga Pulau Pandang di Kabupaten Batu Bara diikuti sebanyak 29 peserta tender.

Dari 29 peserta, hanya 4 peserta tender melakukan penawaran dengan metode harga terendah sistem gugur.

Dalam rincian, nilai hasil perhitungan sendiri (HPS) pembanguna Dermaga Pulau Pandang mencapai 
Rp. 7.679.236.812,16 yang bersumber dari APBD.(Zfn/TO)

 

Facebook comments

Adsense Google Auto Size