Skip to main content
Edy Rahmayadi saat memberikan sambutan pada acara pelantikan pengurus HA IPB periode 2022-2026
Edy Rahmayadi saat acara pelantikan pengurus HA IPB periode 2022-2026 (Foto : Diskominfo Sumut)

Gubsu Harapkan Kontribusi Alumni ITB di Bidang Pertanian

Sumatera Utara,TuntasOnline.com -Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menantikan kontribusi Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) Sumut terutama di sektor pertanian. 

Sektor pertanian yang merupakan penopang utama perekonomian Sumut menurutnya masih perlu pembenahan serius.

Total Luas lahan pertanian di Sumut yang tersedia sekitar 647.223 ha, namun menurut Edy Rahmayadi kesejahteraan petani masih belum meningkat. Bukan hanya itu, harga komoditas pertanian juga cenderung fluktuatif.

“Lahan kita luas dan subur, produksi pertanian kita besar, tetapi harga tetap mahal, nilai tukar petani juga masih kecil. Ini lah perlu perhatian dari bapak/ibu sekalian lulusan IPB,” ungkap Edy Rahmayadi saat memberikan sambutan pada acara pelantikan pengurus HA IPB periode 2022-2026 di Aula Tengku Rizal Nurdin, Medan,Sumatera Utara Sabtu (25/6).

Menurut Edy Rahmayadi, sumber daya alam Sumut sangat berpotensi dalam bidang pertanian, namun butuh ahli-ahli pertanian untuk memaksimalkannya. Dia menantikan kontribusi dari ahli-ahli pertanian IPB untuk mengembangkan pertanian Sumut.

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie mengatakan saat ini masih ada 24% desa yang tergolong tertinggal dan sangat tertinggal. Padahal, menurutnya untuk membangun Indonesia harus terlebih dahulu membangun desa-desanya.

Tahun ini direncanakan IPB akan memulangkan lulusan sarjananya ke 150 titik di Sumut, untuk menjadi wiratani. Diharapkan ini bisa berdampak kepada masyarakat langsung dan juga lulusan sarjana IPB yang kembali ke desanya menjadi agen perubahan.(wan/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size