Skip to main content
Keretakan di proyek drainase padang genting (foto: Zulfauzan)
Keretakan di proyek drainase padang genting (foto: Zulfauzan)

Belum Setahun, Proyek Drainase Rp 1,2 M Padang Genting Alami Keretakan

BatuBara, Tuntasonline.com - Proyek Pembangunan Drainase Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Batu Bara yang berlokasi di Desa Padang Genting Kecamatan Talawi, menjadi sorotan.

Pasalnya, proyek yang belum berumur satu tahun tersebut sudah mengalami keretakan.

Dari amatan Tuntasonline.com, proyek drainase bernilai Rp. 1,2 Milyar yang dikerjakan rekanan CV. LK
sudah ada yang retak di beberapa bagian yang jaraknya hampir berdekatan.

Kata ketua Kordinator Pers Informasi Negara (PIN-RI) Kab. Batu bara M. Hamdani saat diwawancari, Senin (16/8/2022) menyayangkan proyek yang bernilai milyaran tersebut sudah mengalami keretakan.

Dirinya menduga proyek yang belum berumur satu tahun tersebut dikerjakan asal jadi serta lemahnya pengawasan dari Dinas PUPR Batu Bara.

"Kita menduga proyek ini dikerjakam asal jadi dan tidak sesuai RAB oleh rekanan agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Ia juga menilai Dinas terkait tidak serius dalam pengawasan pengerjaan," ungkapnya.
 
Hamdani mengatakan, ada kejanggalan yang terlihat dari penyanggah tengah proyek drainase itu.

"Kejanggalan juga ditemukan di penyanggah tengah yang berbeda ukuran, ada yang berukuran kecil ada yang besar," ujarnya.

Ia menegaskan, hasil investigasi yang dilakukan dari proyek draines tersebut akan ditindaklanjutinya ke Aparat Penegah Hukum (APH).

"Dari hasil investigasi ini, kita akan bawa ke APH agar semuanya terungkap," tegasnya.

Dirinya juga berharap kepada Pemkab Batu Bara untuk lebih menekankan pengawasan kepada Dinas Pengguna Anggaran disetiap proyek yang menggunakan APBD Batu Bara, tandasnya.

Kepala Dinas PUPR Batu Bara Khairul Anwar saat dikonfirmasi, Selasa (16/8/2022) melalui pesan aplikasi Whatsapp belum memberikan jawaban.(Zfn/TO).

 

Facebook comments

Adsense Google Auto Size