Skip to main content
Desa Bakal Gajah Sambut Kedatangan Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Sumatera Utara
Desa Bakal Gajah Sambut Kedatangan Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Sumatera Utara

Desa Bakal Gajah Sambut Kedatangan Tim Penilai Lomba Desa

Dairi, Tuntasonline.com,  Tim penilaian lomba desa dari Provinsi Sumatera Utara yang dipimpin oleh Ketua tim yakni Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Bayu Andrew H.HS Tampubolon S.STP melakukan penilaian di Desa Bakkal Gajah, Kecamatan Silima Pungga Pungga Kabupaten Dairi pada Kamis (17/6/2021). 


Bayu Andrew H. HS Tampubolon,S.STP selaku ketua Tim, turut di dampingi  dalam rombongan tim penilai desa, M Liga Dakwah Daulay. S. Sos, Julianus Evrata Bangun, S.STP, M.Si, Hanafy Umry SE, Yennie Elfrida M. Silaen, A.Md, Muhammad Alfian, S.STP, Riza Vahlevi Lubis, Agus Kurniawan Damanik, Junita Sinaga, SKM, Parida SH dan Luis Al Hafiz.

Kehadiran Tim penilai dari Provinsi Sumatera Utara tersebut disambut oleh Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Leonardus Sihotang bersama dengan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu, Kepala Dinas Dispemdes Junihardi Siregar, Camat Silima pungga-pungga Horas Pardede, kepala Desa Bakal Gajah, Humitar Sitorus, Ketua PKK desa, Ny.Donna Humitar Sitorus juga para kepala desa se Kecamatan Silima Pungga-pungga dan warga Bakkal Gajah.
Bupati Dairi dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah menyampaikan bahwa kegiatan pengembangan desa ini rutin dilakukan setiap tahunnya dan merupakan hal yang baik untuk mengukur tingkat pengembangan desa. Dengan adanya penilaian desa ini, pemerintah berharap kegiatan harus di maknai sebagai langkah untuk membangun desa yang mandiri dari segi masyarakat, ekonomi, sosialnya. Sekretaris Daerah mengatakan Desa Bakkal Gajah juga memiliki Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), yakni Bumdesa Gajah Mandiri.

Ia sampaikan Bumdesa Gajah Mandiri merupakan Bumdes dengan kriteria baik yang memiliki 2 unit usaha dan tercatat di kementerian sebagai salah satu yang baik.
“Pemerintah berharap ke depannya bukan hanya desa ini, tetapi juga desa-desa yang lain di Kabupaten Dairi agar dapat untuk mendukung perekonomian setiap desa. Kepada tim penilai Lomba Desa Provinsi, kami sampaikan selamat melaksanakan tugas, kita berharap paparan yang akan disampaikan oleh Kepala Desa Bakkal Gajah dapat menjadi bahan penilaian sehingga dapat bersaing nantinya di tingkat provinsi”, ujarnya.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dalam sambutannya yang disampaikan oleh ketua tim penilai mengatakan pelaksanaan penilaian desa/kelurahan terbaik se-Sumatera Utara tahun 2021 merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dan hasil yang dicapai oleh masing-masing desa/kelurahan setiap tahunnya dan dalam rangka memberikan motivasi untuk mendorong pembangunan dan pengembangan desa/kelurahan sekaligus memberdayakan masyarakat guna mempercepat kemandirian desa.

“Adapun maksud dari kegiatan ini adalah untuk menentukan status tertentu dari capaian hasil perkembangan sebuah desa/kelurahan serta untuk mengetahui efektifitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat. Sehingga hasil evaluasi ini menjadi dasar untuk memformulasikan berbagai program pembangunan di masa yang akan datang”, disampaikan oleh ketua tim saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Sumatera Utara.

Gubernur berharap lomba desa ini agar tidak dijadikan sebagai beban, akan tetapi lebih dimaknai sebagai langkah konkrit untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan pelaksanaan lomba desa ini, Dia utarakan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan desa dan kelurahan dapat terwujud, mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat, mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik, meningkatkan daya saing desa dan kelurahan dalam upaya membangun desa dan menata kota menuju Sumut yang bermartabat.
Camat Silima Pungga Pungga Horas Pardede saat ditanya oleh tim penilai mengatakan desa Bakkal Gajah sebagai yang terbaik untuk diikutsertakan dalam lomba desa tingkat provinsi dikarenakan beberapa faktor. Faktor tersebut Ia sampaikan diantaranya desa Bakkal Gajah ini adalah desa paling tanggap terkait dengan surat, instruksi, respon yang sangat cepat.

“Kami juga menamakan desa ini sebagai kampung tangguh, sebab kami melihat gugus tugas covid bekerja sangat baik, dan sampai saat ini tidak ada terkonfirmasi juga kontak erat”, jelas Camat.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Berutu dalam kesempatan usai mendengar paparan serta penilaian dari tim penilai mengatakan sangat mengapresiasi terhadap Kepala Desa Bakkal Gajah Humitar Sitorus dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa Bakkal Gajah Ny. Donna Humitar Sitorus atas paparan yang sangat lengkap.

“Kami sangat bangga, paparan tadi luar biasa. Harapan kita Desa Bakkal Gajah dapat bersaing dan menang di tingkat provinsi sehingga bisa menjadi perwakilan Kabupaten Dairi di tingkat nasional,” harapnya.

Kegiatan berjalan lancar dan kondusif serta tetap menerapkan protokol kesehatan. (IP/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size