Skip to main content
Galian C Diduga Ilegal Terus Beroperasi di Areal PTPN ll Tanjung Morawa
Galian C Diduga Ilegal Terus Beroperasi di Areal PTPN ll Tanjung Morawa

Galian C Diduga Ilegal Terus Beroperasi di Areal PTPN ll Tanjung Morawa

Deliserdang,Tuntasonline.com - Lokasi Galian C Yang diduga Ilegal Berada di jalan rambutan dusun lV Desa Dalu Sepuluh A Kecamatan tanjung Morawa Kabupaten Deliserdang tepatnya di Areal PTPN ll.

Galian ini diduga kuat tidak mematuhi  Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara dalam Pasal 158 yang menjelaskan “Setiap orang yang melakukan usaha penambangan tanpa IUP, IPR atau IUPK sebagaimana dimaksud dalam pasal 37, pasal 40 ayat (3), pasal 48, pasal 67 ayat (1), pasal 74 ayat (1) atau ayat (5) dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan denda paling banyak Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah).”

Diketahui bahwa lokasi galian C di sekitar Desa Dalu Sepuluh A, Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara saat awak media terjun kelokasi hari sabtu tanggal (12/06/2021) yang berada areal PTPN ll Desa Dalu Sepuluh A, Kecamatan Tanjung Morawa, terpantau masih terus beroperasi Pertambangan Ilegal jenis tanah yang di keruk menggunakan alat berat Exclavator dan terlihat beberapa truck yang terus menerus mengangkut material.

Salah seorang warga sekitar galian C desa Dalu sepuluh A Kecamatan Tanjung Morawa mengatakan, bahwasanya Galian C itu sudah beroperasi lebih kurang Setahun lebih.


Tak hanya disitu saja,  beberapa galian C terlihat juga masih tetap beroperasi, khususnya di 3 (tiga) titik di areal sekitar nya di Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang.

Lanjut nya Akibat Galian C tersebut banyak jalan jalan yang rusak dan abu berterbangan yang menganggu kesehatan masyarakat. 

Tambahnya pada awal bulan yang lalu, Camat Tanjung Morawa Marianto Irawandi, S.sos. sudah mencoba menutup galian C tersebut, hanya saja galian C Tersebut Masi Juga beroperasi sampai saat ini.

Camat tanjung Morawa Marianto Irawandi, S.sos saat di konfirmasi oleh awak media tuntasonline.com hari Senin (14/06/2021) terkait galian C yang Masi saja beroperasi di desa dalu sepuluh A, tanjung Morawa mengatakan "Terimakasih Informasi nya segera kita arahkan trantib ke lokasi " tutup camat tanjung Morawa.
(ET/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size