Skip to main content
SMAN 1 Deli Tua Diduga Lakukan Pungli Ke Siswa
SMAN 1 Deli Tua Diduga Lakukan Pungli Ke Siswa

Digunakan Untuk Gaji Satpam dan Honorer, SMAN 1 Deli Tua Diduga Lakukan Pungli

Deliserdang, Tuntasonline.com - Sekolah SMA Negeri 1 Deli Tua Kabupaten Deli Serdang diduga melakukan pungutan liar (pungli) Untuk menggaji Satpam, Pembangunan sekolah dan membayar gaji tenaga pengajar honorer sekolah SMA Negeri 1 Delitua.

Imanuel Sembiring salah satu orang tua siswa membeberkan pengutipan liar tersebut yang di alami oleh anaknya yang bersekolah di SMA Negeri 1 Deli Tua sebesar Rp.75.000 per bulan kepada awak media, Sabtu (05/06/2021) di kediamannya.

Ia menjelaskan bahwa pihak sekolah telah membebani orang tua murid dengan kutipan wajib setiap bulan sebesar Rp.75.000 dengan alasan sebagai sumbangan pembangunan sekolah, untuk membayar gaji satpam dan tenaga honorer di sekolah SMA Negeri 1 Deli tua.

Lanjut nya kutipan tersebut saat ini menjadi beban bagi seluruh orang tua murid, padahal mereka memilih anaknya untuk masuk ke sekolah negeri dengan harapan mendapatkan keringanan biaya pendidikan.

Imanuel mengeluhkan kutipan wajib tersebut tiap bulanya kepada orang tua murid, apalagi di masa Pandemi Covid-19 ini, yang dimana ia sudah tidak bekerja lagi dan saat ini sedang tinggal dengan orang tuanya.

Berdasarkan peraturan menteri pendidikan dalam kebudayaan (Permendikbud) Nomor 44 tahun 2012, Pasal 9 ayat 1 menyebutkan, satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah dilarang memungut biaya satuan pendidikan.

Imanuel dan orang tua murid lainnya berharap agar Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi segera menindak tegas oknum  Sekolah SMA Negeri 1 Deli tua dan pihak Sekolah tidak lagi membebani biaya sumbangan tersebut.


Saat awak media tuntasonline.com, mencoba menghubungi kepala sekolah SMA Negeri 1 Deli tua Drs. Darwin MM. Melalui telpon selulernya belum ada Jawaban.

Yang sebelumnya berawal beredar Vidio amatir yang direkam oleh salah satu wali murid di Kecamatan Delitua Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara, pada 28/05/2021 siang.
(ET/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size