Skip to main content
Pemkab Batu Bara Lakukan Pengapalan Perdana Ekspor Produk UMKM
Pemkab Batu Bara Lakukan Pengapalan Perdana Ekspor Produk UMKM

Pemkab Batu Bara Lakukan Pengapalan Perdana Ekspor Produk UMKM

Batu Bara, Tuntasonline.com - Pemerintahan Kabupaten Batu Bara lakukan pengapalan perdana eksport produk lokal Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) Ke Negara Malaysia di Pelabuhan Dermaga C Inalum, Kuala Tanjung, Jum'at (4/6/2021)

Bupati Batu Bara Ir. Zahir, mengatakan dirinya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah ikut mensukseskan program pengapalan perdana.

Pengapalan perdana ini diawali dengan mengirim produk hasil laut. Kedepannya akan dikirim hasil bumi dan hasil produk UMKM Khas Batu Bara, Katanya.

Dirinya mengatakan"  Saya memilih Pelabuhan Inalum Dermaga C demi menghemat biaya ongkos dan terhindar dari mafia - mafia pelabuhan sehingga menjadi keuntungan sangat besar bagi masyarakat Batu Bara.

Dengan suksesnya program pengiriman hasil Sumber Daya Alam dan Produk UMKM Daerah,  tentunya akan berdampak positif bagi masyarakat Batu Bara khususnya pelaku dagang dan UMKM. 

"Apalagi ditengah Pandemi Covid 19, kita dituntun harus kretaif dalam pemulihan ekonomi dengan cepat. Tentunya perlu membabgun kerja sama secara kekeluargaan ke berbagai pihak", ujar Zahir.

Pemkab Batu Bara akan memberikan pelayanan terbaik dan cepat perihalan pembuatan perizinan perdagangan ekspor kepada pelaku dagang dan usaha sebagai pihak eksportir demi tujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Batu Bara, terangnya.

Sebelumnya, Dirut PT. Prima Multi Terminal  Rudi Santoso mengatakan Seperti yang kita ketahui, pada masa pandemi Covid 19  banyak perusahaan yang mulai menutup gerainya. 

Berbeda dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang masih banyak bertahan. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan besar yang terdampak kondisi ekonomi dunia.

"Kami Pelindo akan mendukung penuh program ini, karena para pelaku UMKM Batu Bara tidak mengirim barang melalui pelabuhan yang jauh sehingga ongkos logistik akan lebih murah dari kuala Tanjung," Ungkap Rudi.

Senada sengan Dirut Pelaksana Inalum Shopia Isabela mengatakan Kami dari Perusahaan Inalum mendukung penuh program ini. Dengan diberikan Fasilitas pelabuhan bagi para pelaku UMKM untuk memperkenalkan produk ke pasar interbasional demi  meningkatkan Ekonomi dan Kesejahteraan. (Zfn/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size