Skip to main content
Iku
Ilustrasi Perangkat Desa (IST)

BPKD Bireuen Belum Salurkan 4 Bulan Gaji Perangkat Desa

Bireuen, TuntasOnline.Com - Badan Pengelola Keuangan Daerah ( BPKD)  belum menyalurkan 4 bulan gaji perangkat desa di Bireuen sejak bulan  Januari  hingga April 2021.

Terhimpun, ada 609 desa  di 17 Kecamatan Bireuen untuk gaji Kepala Desa perbulanya sebesar Rp 2,4 juta sedangkan untuk kaur masing - masing perbulanya Rp 1 juta.

Hal ini dikatakan salah seorang Kepala Desa di Bireuen MD saat dikonfirmasi TuntasOnline.Com melalui handphone selulernya, Selasa (27/4/2021).

"Seharusnya Bupati Bireuen, Muzakkar A.Gani melalui Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) tidak membiarkan kasus seperti ini terjadi di setiap tahunnya," ujarnya.

"Apalagi dalam suasana Bulan Suci Ramadan dan Pandemi Covid 19, dimana keadaan masyarakat selama ini sangat susah dan punya keterbatasan untuk mencari nafkah untuk menghidupi keluarga mereka, tak terlepas juga  dengan perangkat desa yang punya tugas dan tanggung jawab besar terhadap berbagai persoalan yang dihadapi dilingkungan masyarakat, mestinya gaji yang merupakan satu - satunya pendapatan ini tidak ditahan oleh pihak BPKD hingga 4 bulan lamanya seperti yang  sedang terjadi saat ini," paparnya.

Kepala Desa (MD) mengharap Bupati  Bireuen, Muzakkar A Gani melalui BPKD supaya segera menyalurkan gaji perangkat desa, sebab kepala desa sendiri telah menandatangani surat pertanggungjawaban mutlak sebanyak empat kali berturut - turut.

Sementara Bupati Bireuen, Muzakkar A.Gani melalui Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Bireuen, Zamri SE belum bisa ditemui untuk dikonfirmasi wartawan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMGP-KB) Bireuen, Mulyadi SH, saat dikonfirmasi  TuntasOnline.Com Minggu Malam (25/4/2021) melalui WatsApp terkait gaji perangkat desa yang belum dibayar selama 4 bulan menjelaskan bahwa semuanya berkas sudah pada pihak Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) lagi dalam proses.

"Sebaiknya ditanya langsung pada mereka kapan gaji itu bisa segera disalurkan supaya lebih jelas. Saya mengharapkan perangkat desa untuk bersabar," ujarnya. (Hendra).

Facebook comments

Adsense Google Auto Size