Skip to main content
Pengusaha Beli Hasil Bumi Bireuen Akui  Pasokan Barang Sepi Di Tahun 2021
Pengusaha Beli Hasil Bumi Bireuen Akui  Pasokan Barang Sepi Di Tahun 2021

Pengusaha Beli Hasil Bumi Bireuen Akui Pasokan Barang Sepi Di Tahun 2021

Bireuen, TuntasOnline.Com - Pengusaha beli hasil bumi IDA di Bireuen mengakui  sejak awal tahun 2021, pasokan barang dari masyarakat seperti coklat, pinang sepi dirasakan oleh pihaknya, kemungkinan besar akibat pengaruh situasi Pandemi covid-19 yang belum normal ditambah lagi dengan kondisi cuaca ekstrim beberapa bulan ini terkadang panas dan hujan.

Untuk harga coklat perkilonya Rp 24.000 sedangkan harga pinang Rp.18.000 perkilonya harga ini terjadi peningkatan dari harga beberapa bulan sebelumnya.

"Diawal tahun 2021, pasokan barang hasil bumi seperti coklat dan pinang perharinya mereka menerima paling banyak 150 kilo, sangat jauh perbandinganya dari pada sewaktu belum  timbulnya kasus pandemi covid-19, mereka mendapatkan seminggu ampir mencapai 2 ton," jelas M Nasir Selasa (30/03/2021).

Dia berharap kondisi cepat berlalu, sehingga masyarakatpun bisa terus tingkatkan ekonomi mereka.

Terpantau TuntasOnline.Com Selasa (30/03/2021), salah satu penyebab merosotnya produksi hasil bumi di Bireuen di karenakan ratusan hektar lahan perkebunan selain berahli fungsi juga banyak yang terlantar, apalagi saat ini Dinas Perkebunan sudah  tidak lagi berdiri sendiri dan kini mereka bergabung dengan Dinas Pertanian. Jadi wewenang untuk mengelola hal pengembangan lahan perkebunan masyarakat tidak sepenuhnya memiliki tanggung jawab.( Hendra)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size