Skip to main content
Tokoh Perempuan Pak-Pak Jenny Berutu Tutup Usia
Tokoh Perempuan Pak-Pak Jenny Berutu Tutup Usia

Tokoh Perempuan Pak-Pak Jenny Berutu Tutup Usia

Dairi, Tuntasonline.com - Salah satu tokoh perempuan Pakpak, Jenny Riany Lucia Berutu, SH akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada Sabtu (13/3/2021) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB di Medan. Almarhum yang selama ini dikenal sebagai sosok yang ramah dan bersahabat itu dikabarkan meninggal setelah menderita sakit.

Jenny Riany Lucia Berutu, SH yang merupakan mantan Anggota DPRD Provinsi Sumut masa periode 2014-2019 tutup usia di umur 63 tahun adalah kakak Kandung Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dan mantan Bupati Pakpak Bharat Remigo Y Berutu dan Alm Muger Hery Berutu. 

Almarhumah yang merupakan istri dari Drs. Romeo Bangun meninggalkan tiga orang anak diantaranya Haga Bastara Bangun, Eigher Baptista Bangun, dan Eigya Bassita Bangun dan meninggalkan tiga orang menantu diantaranya Dewi Riana Ginting, Gloryanna Monica Sitompul, Maria Lemorenty serta meninggalkan empat orang cucu yakni Clementius Aldrik Jore Bangun,  Meletius Arkatama Mbisa Bangun, Jokatiar Galendra Bangun dan Endebayu Kalendra Bangun.

Informasi yang dihimpun, perjalanan karir almarhum bermula dari seorang Notaris yang membuka praktek di kota Medan. Selanjutnya puteri tertua pasangan Alm. Drs. Valentin Berutu dan ibu Make kata R. Purba merambah ke dunia politik dan menjadi anggota DPRD Sumut dari partai Demokrat. Sayang periode silam mencoba peruntungan calon DPR RI Dapil III dari partai Nasdem, tidak berhasil.

Dalam perjalanan hidupnya almarhum diketahui aktif di kegiatan sosial dan sejumlah organisasi digeluti seperti PEMKRI, Himpunan Sarjana Pakpak Indonesia dan Komunitas cendekiawan Katolik. Dalam pilkada Dairi lalu, almarhumah juga diketahui menjadi salah satu orang terpenting dalam suksesi pemenangan pasangan Eddy- Jimmy dimana Bupati Eddy Berutu merupakan saudara kandung dari almarhumah.  Kini perjalanan dan karir almarhumah terhenti namun jasa dan pengorbanannya untuk kemajuan Pakpak dan nama besar keluarga Valentin Berutu akan selalu menjadi kenangan masyarakat banyak.

"Selamat Jalan kak Jenny. Semoga ditempatkan disisi kanan Allah Yang Maha Kuasa, Amin."(IP/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size