Skip to main content
C
Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu Nomor Urut 2 Dr H Rohidin Mersyah dan Dr E H Rosjonsyah

Bedah Program Rohidin-Rosjonsyah : Membangun Pelabuhan Perikanan, Pabrik Es, Pemberian Izin Usaha dan Alat Tangkap Gratis

Bengkulu, TuntasOnline.com - Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu Nomor Urut 2 Dr H Rohidin Mersyah dan Dr H Rosjonsyah mempunyai 18 Program yang menyentuh berbagai sektor.

Untuk diketahui, Berikut 18 Program Kerja Rohidin-Rosjonsyah :

1. Kartu Bengkulu Sejahtera yang diperuntukkan bagi masyarakat Bengkulu yang belum mendapatkan kartu Indonesia sehat maupun kartu Indonesia Pintar,
2. Pembebasan pajak kendaraan bermotor roda dua, 
3. Pemberian tunjangan daerah peningkatan uang makan dan TPP bagi ASN dan honorer Provinsi Bengkulu,
4. SPP gratis bagi siswa SMA, SMK dan SLB serta pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi, 
5. Listrik gratis bagi rumah tangga dengan daya 450 KWH, 
6. Pemberian gas ukuran 3 kg gratis untuk masyarakat berpenghasilan rendah, 
7. Peningkatan kesejahteraan bagi guru TK dan PAUD se-Provinsi Bengkulu, 
8. Pembangunan stadion mini di setiap kecamatan di wilayah Provinsi Bengkulu, 
9. Peningkatan dan penyeragaman honor Imam khotib dan Bilal serta Pimpinan rumah ibadah lainnya yang dibayarkan melalui rekening Bank Bengkulu, 
10. Peningkatan dan penyeragaman penghasilan tetap Kepala Desa, Perangkat Desa dan BPD, 
11. Pengadaan alsintan gratis untuk petani berupa handtraktor, Cultivator, Mesin air, Power Thresher, dan Hand sprayer, 
12. Menjaga stabilisasi dan meningkatkan harga komoditas perkebunan terutama karet kopi dan sawit, 
13. Membeli dan menampung hasil produk pertanian dengan harga yang layak pada saat panen berlimpah dan harga di pasar murah dan membuat gudang di seluruh kabupaten kota se Provinsi Bengkulu, 
14. Menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi untuk petani, 
15. Penurunan status kawasan hutan menjadi hutan sosial kemasyarakatan dan hutan adat untuk para petani pekebun Provinsi Bengkulu, 
16. Membangun pelabuhan perikanan, pabrik es, pemberian izin usaha dan Alat tangkap gratis, 
17. Membangun kebebasan pers perlindungan hukum dan peningkatan kompetensi wartawan, 
18. Menjaga nilai-nilai budaya dan sejarah Bengkulu serta mengembangkan industri kreatif.

Kali ini redaksi akan membedah satu persatu 18 Program Rohidin-Rosjonsyah, pada bagian ini akan mengulas Program Membangun pelabuhan perikanan, pabrik es, pemberian izin usaha dan Alat tangkap gratis.

Membangun pelabuhan perikanan, pabrik es, pemberian izin usaha dan Alat tangkap gratis salah satu fokus penting dari Rohidin-Rosjonsyah pada program jilid II ini. Namun semasa menjabat Gubernur sebelum menjalani masa cuti mengikuti tahapan Pilgub Bengkulu 2020, Rohidin intens melakukan kunjungan dan silaturahmi ke Nelayan di Provinsi Bengkulu guna mendengar langsung aspirasi.  

Selama menjabat Rohidin juga memberikan kerja nyatanya di bidang perizinan seperti Rohidin membagikan kartu tanda pengenal kepada para nelayan penangkap benih bening lobster serta kemudahan pengurusan perizinan pelayaran.

Menurut Rohidin, hal ini sebagai bentuk perlindungan yang diberikan pemerintah untuk memberikan rasa aman terhadap semua nelayan menangkap bening lobster dan juga perlindungan ketika sedang melaut. Diketahui Bengkulu yang memiliki potensi laut sangat besar, para nelayan dapat memanfaatkan kekayaan laut ini untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga para nelayan yang ada di sejumlah wilayah di provinsi Bengkulu. Tidak hanya itu, Rohidin juga menjelaskan peran pemerintah saat ini adalah memberikan suport yang besar terhadap nelayan yang ada di provinsi Bengkulu.

“Saat ini penangkapan lobster sudah dilegalkan dan selayaknya dimanfaatkan oleh para nelayan dengan sebaik mungkin,” katanya.

“Negara hadir di tengah – tengah nelayan kita. Saya selaku kepada daerah memberikan dukungan yang besar kepada para nelayan, sehingga para nelayan bisa tetap produktif dan dapat terus berkembang,” tegas Rohidin.

Untuk pembangunan di bidang pelabuhan perikanan, Rohidin yang baru dua tahun menjabat Gubernur Bengkulu ini berhasil meyakinkan Pemerintah Pusat untuk pembangunan Pelabuhan Kahyapu yang merupakan akses penting masyarakat di Pulau Enggano Bengkulu Utara. 

Rohidin juga langsung meninjau mereview gambar rencana pembangunan Dermaga/ Pelabuhan Kahyapu bersama pihak Konsultan pada (20/02/2020). Dengan anggaran 6,6 Miliar lebih, Dermaga Angkutan Barang dan Komoditas ini akan dimulai pembangunannya namun pembangunan ini tertunda semntara dikarenakan refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19. Kabar gembiranya di 2021 Pemprov Bengkulu akan segera melanjutkan pembangunannya.

Untuk pembagian alat tangkap dan penunjang keseharian nelayan, selama menjabat dirinya memang telah melakukan hal ini secara rutin dalam kunjungan kerjanya saat berjumpa ke Perkampungan Nelayan saat dialog pembangunan maupun kegiatan peninjauan.

Pada program jilid II ini, Rohidin tetap ingin memberikan perhatian khusus lewat program khususnya kepada nelayan di Provinsi Bengkulu tetap dengan memperhatikan kebutuhan, perlindungan saat berlayar, kemudahan Kepengurusan Perizinan, hingga pembangunan pelabuhan perikanan dan pabrik es. (ReTra)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size