Skip to main content
Terdampak Covid-19 Satuan PAUD di Padangsidimpuan Berkurang 66
Terdampak Covid-19 Satuan PAUD di Padangsidimpuan Berkurang 66

Terdampak Covid-19, Satuan PAUD di Padangsidimpuan Berkurang 66

Padangsidimpuan, Tuntasonline.com - Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang menjadi pandemi di seluruh dunia, jelas telah memberikan efek sangat buruk bagi segala sektor kehidupan manusia, seperti halnya di bidang pendidikan.

Di Kota Padangsidimpuan, satuan Pendidikan Non Formal (PNF) menjadi salah satu sektor yang benar sangat terdampak. Seperti halnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang sepanjang Pendemi Covid-19 berkurang jumlahnya dari 166 menjadi 100.

Adapun satuan pendidikan yang termasuk golongan PAUD adalah Taman Kanak-kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA) dan Satuan Pendidikan Sejenis (SPS). Saat ini hanya dua PAUD Negeri di Padangsidimpuan.

Satuan pendidikan tersebut yakni, TK Negeri 1 Pembina di Sibulan-bulan, Kelurahan Aek Tampang, Sidimpuan Selatan, dan TK Negeri 2 Pembina di Perumnas Pijorkoling, Kelurahan Pijorkoling, Sidimpuan Tenggara. Selebihnya berstatus swasta.

Pandemi Covid-19 menjadi faktor utama penyebab berkurangnya jumlah total PAUD di kota ini. Padahal di tahun pendidikan 2017/2018 dan 2018/2019 jumlahnya sempat mencapai 167 satuan. Kemudian berkurang 1 satuan di semester ganjil 2019/2020.

Kadis Pendidikan Padangsidimpuan Muhammad Lutfi Siregar melalui Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Elida Tuti Nasution membenarkannya. Sesuai pendataan dari semester ganjil ke genap tahun pendidikan 2019/2020, jumlah PAUD berkurang 66 satuan.

Selama pandemi, Dinas Pendidikan melarang seluruh satuan pendidikan melakukan proses belajar tatap muka dan digantikan dengan Belajar Dari Rumah (BDR). Satuan PAUD juga wajib menerapkan itu.

“Jika masih ada PAUD atau sejenisnya yang menerapkan belajar tatap muka, itu bukan binaan Dinas Pendidikan Kota P Sidimpuan. Kita melakukan pengawasan terhadap proses BDR ini,” katanya.

Elida Tuti menambahkan, saat ini di wilayah Kecamatan Sidimpuan Utara ada 31 PAUD dengan rincian 15 TK, 10 KB, 6 TPA, 0 SPS, di Kecamatan Sidimpuan Selatan ada 32 PAUD dengan rincian 12 TK, 14 KB, 3 TPA dan 3 SPS.

Seterusnya, di wilayah Kecamatan Sidimpuan Tenggara ada 19 PAUD dengan rincian 8 TK, 8 KB, 2 TPA dan 1 SPS, di Kecamatan Sidimpuan Batunadua 9 PAUD dengan rincian 3 TK, 6 KB, TPA dan SPS sama-sama tidak ada.

Kemudian, di wilayah Kecamatan Sidimpuan Angkola Julu ada saat ini tida ada PAUD yang terdaftar di Dinas Pendidikan, dan di Kecamatan Sidimpuan Hutaimbaru ada 9 PAUD dengan rincian 4 TK, 5 KB, TPA dan SPS sama-sama tidak ada.

Berdasarkan data diberikan, sejak pandemi Covid-19 ini jumlah PAUD paling banyak berkurang di wilayah Kecamatan Sidimpuan Selatan dari 54 menjadi 32. Dengan rincian TK berkurang 4, KB 8, TPA 6, dan SPS 4. (RF/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size