Skip to main content
LPJU Tak Dianggarkan di APBD-P Upaya Bengkulu Terang Benderang Gagasan Pemkot Tertunda
LPJU Tak Dianggarkan di APBD-P Upaya Bengkulu Terang Benderang Ala Pemkot Tertunda

LPJU Tak Dianggarkan di APBD-P, Upaya Bengkulu Terang Benderang Ala Pemkot Tertunda

Bengkulu, Tuntasonline.com - Dalam wacananya Pemerintah Kota Bengkulu akan menyulap Kota Bengkulu menjadi terang benderang rupanya belum bisa dianggarkan dalam APBD Perubahan 2020. Hal ini disebabkan keterbatasan anggaran, sehingga yang menjadi prioritas akhir tahun hanya perbaikan jalan saja. 


Anggota Dewan Kota Bengkulu H. Ariyono Gumai., S.STP mengtakan didalam APBD- P tidak ada anggaran untuk Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) untuk jalan- jalan di Kota Bengkulu.


"Di dalam APBD-P ini tidak ada anggaran untuk pengadaan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU)? kata Anggota Komisi I DPRD kota," ungkap Ariyono Gumay, Selasa (28/9). 


Diketahui, di dalam APBD-P dimasukkan dana pinjaman daerah sebesar Rp 200 miliar. Awalnya dari dana tersebut akan dibagi Rp 100 miliar untuk pengadaan LPJU dan sisanya untuk melanjutkan proyek perbaikan jalan mulus. Hanya saja, dalam pembahasan APBD-P, Pemkot menghilangkan anggaran LPJU dan mengalihkan dana Rp 200 miliar itu sepenuhnya untuk infrastruktur jalan. 


"Jadi Pemkot dan DPRD sudah sepakat semua dana pinjaman itu difokuskan untuk peningkatan jalan, ” sambung Ariyono. 


Hal ini dibenarkan oleh Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bengkulu, Dedy Wahyudi. Menurut Dedy, setelah dipertimbangkan ulang terungkap bahwa masukan dari masyarakat masih banyak yang mengingginkan perbaikan jalan. Sehingga, pihaknya mengakomodir harapan masyarakat tersebut agar lebih memprioritaskan jalan terlebih dahulu ketimbang lampu. 


"Saat ditanya ke masyarakat semua pilih perbaikan jalan dulu. Jadi kita akan mendahuluk‘an jalan dalam APBD-P 2020 ini,” ungkap Dedy.


Proyek jalan ini akan dilakukan di pinggiran, termasuk jalan di kawasan perumahan yang selama ini belum tersentuh pembangunan. 


"Perumahan baru banyak, jadi kita bangun terus. Tetapi rumah juga dibangun terus, sehingga yang baru dibangun ini juga minta dibuatkan jalan," jelasnya.


Meski proyek LPJU tidak teranggarkan dalam APBD-P, pihaknya tetap bisa merealisasikan lampu jalan tersebut dengan memanfaatkan hibah dari Kementerian ESDM berupa Listrik Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE). (Panji)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size